Pertukaran Pemimpin Muda Siap Diikuti Oleh Dolly Pince Waine

 Pertukaran Pemimpin Muda Siap Diikuti Oleh Dolly Pince Waine

kitapastibisa.id – Pertukaran Pemimpin Muda Siap Diikuti Oleh Dolly Pince Waine – suarapapua.com

Dolly Pince Waine terpilih mewakili Papua di ajang pertukaran pemimpin muda internasional (International Youth Leader Exchange 2020) di Kuala Lumpur, Malaysia. Perempuan muda yang lahir dan besar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, ini memiliki banyak suka dan duka bersama masyarakat adat. Selain sebagai jurnalis warga, ia pernah bekerja menjadi peneliti bagian tumbuhan di LIPI, sebuah lembaga non-pemerintah di Wamena. Ia juga memiliki pengalaman dalam mengikuti sejumlah event nasional maupun internasional mewakili muda Papua. Seperti di Jakarta, Surabaya, Thailand, dan beberapa negara lain.

Kegiatan itu akan dihadiri oleh para pemimpin muda dari negara-negara se-ASEAN. Kegiatan tersebut tak hanya mengenai tour pendidikan. Tetapi banyak program yang bermakna dengan tujuan pembelajaran dan pelatihan bagi kalangan muda dengan usaha inovatif dan mandiri untuk siap bersaing di kancah internasional.

Baca Juga: Witan Sulaeman Pemain Indonesia Yang Menembus Sepak Bola Eropa

Sertifikat Internasional untuk Peserta IYLD

Waine memastikan, seluruh peserta IYLD 2020 akan diberikan sertifikat internasional yang nantinya turut membantu jika berkeinginan melamar kerja di manapun. Kegiatan tersebut juga merupakan ajang untuk belajar dan mengenalkan budaya dan eksplorasi perusahaan. Serta seluruh delegasi dari masing-masing negara akan saling bertukar pengalaman dan ide tentang pengembangan kreatifitas dalam menjawab berbagai tantangan.

Baca Juga  Kisah Nenek Merawat 1.000 Buaya di Sumatera Utara

Ia bercerita bahwa kegiatan tersebut ia ikuti dengan biaya mandiri. Tentunya mempertimbangkan dengan banyaknya manfaat positif yang akan ia dapatkan serta pengalaman yang akan sangat membantunya kelak. Hal ini tentu saja sebagai sebuah proses baginya dalam membentuk karakter, jaringan, dan pengalaman yang akan membantunya menjadi manusia yang lebih siap dan berpengalaman.

Baginya adalah sebuah kebangaan dan kesempatan yang luar biasa bisa lolos kegiatan ini melalui jalur LSM yang ada di Indonesia. Ia juga mengungkapkan bahwa pengalamannya bekerja di LIPI dan memimpin satu LSM menjadi sebuah batu loncatan yang membuat ia terpilih.

Proses seleksi ini dilakukan secara online melalui Asian Global. Ardiansyah Rahmawan selaku program Director of Studec International membenarkan, bahwa Dolly Pince Waine merupakan salah seorang peserta Youth Leader Exchange 2020 mewakili Papua setelah melalui proses seleksi. Program ini diadakan International Youth Leader bekerjasama dengan Studec International dan Universitas Putra Malaysia.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *