Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah

 Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah

Kitapastibisa.id – Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah – Allure

Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah – Kebanyakan pria beranggapan jika mereka tidak membutuhkan perawatan kulit wajah, karena dianggap seperti perempuan. Hanya saja merawat kesehataan kulit bagi wanita dan pria sama pentingnya. Namun bedanya adalah, pria mungkin tak perlu memakai terlalu banyak tahapan perawatan wajah seperti wanita.

Berbagai permasalahan kulit yang dialami pria juga bisa berupa jerawat karena produksi minyak berlebih. Maka dari itu pria harus rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari secara rutin dengan air hangat karena dapat membuka pori sehingga bersihnya sempurna. Dengan begitu keringat dan kotoran yang menyebabkan jerawat pada wajah bisa teratasi.

Sebaiknya mencuci muka dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit wajah berminyak, gunakan pembersih wajah berbahan antikomedo dan bebas minyak. Sedangkan kulit sensitif, dapat menggunakan bahan hipoalergenik dan bebas bau harum.

Maka dari itu pria juga sangat perlu menjaga kesehatan kulit wajah, agar terhindar dari bakteri dan kuman. Selain itu, pria juga harus rajin memeriksakan kondisi kesehatan kulitnya secara berkala. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan misalnya seperti adanya benjolan, bercak, gatal, tahi lalat yang tidak lazim, serta berdarah.

Baca Juga  Pesona Wajah Cantik Tatapan Mata Wanita

Baca Juga: Bahaya Obesitas Menghantui Anak

Berbagai Macam Skincare yang Wajib Bagi Pria

Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah
Kitapastibisa.id – Perlukah Pria Merawat Kesehatan Kulit Wajah – Tribun

Pria memiliki kelenjar minyak yang cenderung lebih aktif daripada wanita, sehingga masalah kulit seperti jerawat justru sering terjadi pada pria. Oleh karena itu, sabun cuci muka untuk pria biasanya selalu memiliki varian untuk kulit muka lembab dan berminyak. Sabun muka yang mengandung scrub cocok untuk kulit berminyak, agar kotoran pada pori-pori kulit bisa terangkat dengan baik.

Selain mencuci muka, dermatologist dari Mount Sinai Hospital New York juga menyarankan pria untuk melakukan eksfoliasi wajah menggunakan facial scrub. Ritual ini cukup dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tak menumpuk dan membuat wajah terlihat gelap.

Toner juga termasuk skincare dasar yang wajib setiap hari. Sebab, tak hanya bagus dalam membersihkan wajah secara tuntas, kandungannya juga menyimpan sederet manfaat bagi kulit. Misalnya saja mampu menyeimbangkan pH kulit, menutrisi, hingga merawat wajah yang berminyak.

Kulit para pria juga harus terlindungi dengan penggunaan sunscreen. Hal ini untuk mencegah flek hitam, kerutan, hiperpigmentasi, hingga masalah yang serius seperti iritasi dan sunburn. Untuk perlindungan maksimal, gunakan produk yang menawarkan perlindungan lama terhadap sinar UVA dan UVB juga minimal memiliki kandungan SPF 30.

Baca Juga  Budaya Mengenakan Kebaya di Indonesia

Artikel Terkait