Perjalanan Jokowi Sebelum Jadi Presiden

 Perjalanan Jokowi Sebelum Jadi Presiden

Kitapastibisa.id – Perjalanan Jokowi Sebelum Jadi Presiden

Siapa bilang upaya perjalanan Pak Jokowi untuk menjadi seperti beliau sekarang ini adalah mudah? Faktanya, Bapak Jokowi dan keluarga juga bekerja keras untuk mendapatkan hidup yang sejahtera.

Kisah Hidup Perjalanan Jokowi

Presiden Joko Widodo
Kitapastibisa.id – Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau biasa dikenal dengan nama Jokowi, menceritakan perjalanan hidupnya di akun YouTube resmi miliknya. Beliau lahir di Kota Solo, Jawa Tengah. Jokowi merupakan satu-satunya laki-laki sekaligus anak sulung dari empat bersaudara.

Jokowi bukan berasal dari keluarga yang kaya raya. Ayahnya berdagang kayu dan bumbu di pasar untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ibunya pun tetap gigih membantu berdagang setelah selesai masak dan membereskan rumah.

Jokowi sekeluarga sering berpindah-pindah rumah kontrakan karena pendapatan yang tidak menentu. Sehingga rumah kontrakan yang ditempati menyesuaikan dengan pendapatan orangtuanya agar bisa membayar kontrakan sekaligus menyisihkan uang untuk anak-anak tetap bersekolah.

Tahun 1980

Tahun 1980, Jokowi berkuliah di jurusan teknologi kayu kehutanan Universitas Gajah Mada agar bisa memperdalam pengetahuan tentang perkayuan. Jurusan itu dipilih Jokowi untuk mengikuti jejak ayahnya dan membangun bisnis kayu hingga besar.

Pada masa kuliahnya Jokowi bertemu dengan wanita yang sekarang menjadi istrinya. Siapa lagi kalau bukan Iriana. Sosok Iriana yang sederhana membuat Jokowi mencintainya. Jokowi pun melamar Iriana setelah lulus kuliah dan diterima bekerja di sebuah perusahaan kertas di Aceh.

Baca Juga  Chef Marinka Lepas Masa Lajang Diumur 40 Tahun

Selama 2,5 tahun, hutan menjadi lokasi tempat tinggal mereka mulai dari masa awal pernikahan mereka. Pada tahun kedua, Iriana dalam kondisi hamil, sehingga mereka memutuskan untuk melahirkan anak pertama mereka di Solo.

Tahun 1987

Karier baru pun dimulai Jokowi. Ia bergabung dengan pamannya bekerja di pabrik meubel. Posisi tim produksi hingga marketing dicobanya. Hingga pada tahun 1987, anak sulung pertamanya lahir dan diberi nama Gibran Rakabuming Raka.

Tidak beberapa lama kemuduan, Jokowi dengan modal seadanya mendirikan perusahaan pertamanya yang bernama CV. Rakabu dan bergerak di bidang meubel.

Selama menjadi pengusaha, Jokowi juga pernah merasakan usahanya yang jatuh bangun. Ia pernah ditipu, Barang pesanan sudah dikirim namun pembayaran barang tersebut belum juga dia terima. Orang yang menipunya sendiri pun menghilang entah kemana.

Namun sifat pantang menyerah sudah ada dalam diri Jokowi sejak lama. Ia terus bekerja keras membangun bisnisnya tersebut. Jokowi juga mengikuti pameran meubel di luar negeri hingga harus mengupayakan pinjaman bank.

Sejak saat itu, kantor Jokowi tidak pernah sepi dari pembeli. Pembelinya pun tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga berasal dari mancanegara. Salah satu pembelinya adalah Chene yang merupakan warga Negara Prancis.

Tidak terlalu lama setelahnya, Jokowi dan Iriana dikaruniai dua anak, yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Jokowi menyampaikan bahwa ia ingin anak-anaknya mengenal sekolah kehidupan yang dilandasi perjuangan untuk mandiri. Nilai prinsip ini ditanamkan demi kehidupan mereka kelak.

Jokowi juga berpesan pada akhir videonya agar kita terus berjuang untuk mewujudkan mimpi kita dan agar kita terus membangun Indonesia yang maju.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *