Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia

 Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia

kitapastibisa.id – Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia – IDN Times

Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia – Kebaya merupakan pakaian tradisional yang dipakai oleh kalangan wanita Jawa, khususnya di lingkungan budaya Yogyakarta dan Surakarta, Jawa Tengah. Biasanya disertai kemben dan kain tapih pinjung dengan stagen. Baju kebaya dikenakan oleh kalangan wanita bangsawan maupun kalangan rakyat biasa baik sebagai busana sehari-hari maupun pakaian upacara.

Kebaya identik dengan pakaian dengan bahan tipis, yang dipadukan dengan kain sarung batik dan juga rajutan seperti songket dengan motif yang berwarna warni. Dahulu pada tahun 1500-1600, kebaya di pulau Jawa hanya dikenakan oleh perempuan di kalangan kerajaan bahkan noni Belanda pun sering menggunakan kebaya sebagai pakaian resmi mereka.

Pada saat itu kebaya sudah mampu menembus ke fashion eropa, karena kebaya mampu menarik wanita eropa untuk mengenakannya. Maka tidak lah berlebihan jika wanita Indonesia bangga memakai kebaya.

Berdasarkan sejarah itu, maka saat ini banyak desainer Indonesia pun membuat terobosan baru. Membuat kebaya agar dapat kembali go Internasional dengan nuansa modern, namun sanggupkah kebaya yang kini banyak warna dan corak untuk mengguncang fashion Internasional.

Baca Juga  Yang Perlu Diketahui oleh Muslim Tentang Sindrom Impostor

Baca Juga: 3 Kesalahan Pemain Sepak Bola Dunia yang Berujung Kekalahan

Berbagai Macam Kebaya Indonesia

Jenis kebaya yang ada di Indonesia yang pertama adalah Kebaya Jawa. Kebaya Jawa memiliki ciri khas dengan kerah yang berbentuk V. Dengan motif yang sederhana, dengan kain yang tipis serta transparan bermotif dengan dalaman yang di dipadupadankan dengan kain bagian luar. Pastinya jenis kebaya jawa ini sudah familiar di mata orang Indonesia.

Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia
kitapastibisa.id – Kebaya Encim – Kompas

Kebaya Encim merupakan perpaduan antara baju Shanghai khas China dan Kebaya khas Melayu. Memiliki model dengan kerah V berhiaskan bordiran hingga sampai bawah. Untuk Kebaya Encim biasanya selalu menggunakan bahan kain katun atau juga bahan organdi. Kebaya jenis ini lebih sering digunakan pada acara Wisuda kelulusan.

Kebaya Bali dengan gaya yang tradisional telah banyak didesain menjadi lebih modern. Busana Kebaya Bali ini dapat diubah-ubah menjadi lebih banyak model kebaya. Namun yang membedakan kebaya ini dari yang lainnya yaitu Kebaya Bali ini memiliki ciri khas dengan adanya tambahan Obi atau selendang yang melilit di bagian pinggang yang terkadang selendang tersebut juga disemati Bross besar. Bahan yang sering digunakan oleh Kebaya Bali ini ini adalah bahan brokat dan juga bahan katun.

Baca Juga  Kampanye Cegah Pandemi lewat Batik Motif Covid-19

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *