Perempuan di Balik Nama Mobil Mercedez

 Perempuan di Balik Nama Mobil Mercedez

Kitapastibisa.id – Perempuan di Balik Nama Mobil Mercedez – autoglobemagz

Perempuan di Balik Nama Mobil Mercedez – Siapa yang tidak tahu Mercedez? Perusahaan manufaktur mobil besutan Jerman itu terkenal hingga seantero dunia. Megah, elegan, canggih, dan cepat merupakan nilai plus yang melekat padanya.

Merek tersebut lebih dikenal dengan sebutan Mercedez-Benz yang berasal dari kerjasama antara dua pihak adidaya. Perusahaan Daimler Motoren Gesellschaft  (DMG) yang terkenal dengan mobilnya dan Karl Benz yang mematenkan mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia. Namun, dari mana kata Mercedez muncul?

Sosok yang membuat nama Mercedez terkenal di dunia seakan dihapuskan dari sejarah dunia. Sebelum merek Mercedez-Benz terkenal, ia terlebih dahulu membuat (DMG) kebanjiran pesanan mobil Mercedez. Siapa kah dia?

Sosok di balik nama Mercedez adalah Emil Jellinek dan Mercedez adalah nama putrinya. Apa yang terjadi pada mereka?

Baca Juga: Subak Jatiluwih, Warisan Budaya Dari Bali

Emil Jellinek Sang Pencetus Mobil Mercedez

“Kalau saya tidak bisa mendapatkan hal lebih dari mobil ketimbang kuda, lebih baik aku menggunakan kuda saja.”

– Emil Jellinek, pencetus nama Mercedez

Baca Juga  Kamar Mungil dengan Sentuhan Minimalis

Emil Jellinek merupakan pebisnis yang sukses. Kecintaannya dengan industri mobil mendorongnya untuk bergelut dalam dunia tersebut. Tahun 1896, ita menyambangi pabrik Daimler Motor, salah satu perakit mobil di Jerman. Tujuannya adalah membeli mobil dari perusahaan tersebut.

Di tangannya, mobil besutan Daimler Motor itu dibuat sangat terkenal. Ia menggunakan mobil tersebut untuk mengikuti lomba balap mobil. Tahun 1899, Emil ikut serta dalam balap mobil bergengsi di Jerman. Ia menggunakan nama putrinya sebagai nama panggungnya: Mercedez.

Ia selalu menganggap putrinya adalah pembawa keberuntungan dalam hidupnya. Itu sebabnya ia menggunakan Mercedez sebagai nama kendaraannya. Dari sana, nama Mercedez terkenal.

Kemampuan balap Emil memukau seluruh pecinta balap mobil. Ia akhirnya mulai merakit mobil dengan nama Mercedez yang ia ramu bersama perusahaan Daimler Motor. Dalam tahun pertama, ia dapat menjual 30 mobil dalam setahun. Hal itu berkat aksi memukaunya dalam ajang balap NICE Jerman.

Melihat pencapaiannya dalam berbisnis, ia mendorong Daimler Motor untuk membuat kendaraan yang lebih ringan dan cepat. Namun, perusahaan manufaktur mobil itu tidak serta merta mengiyakan permintaan sang pencetus Mercedez. Emil terus mendorong perusahaan tersebut dengan ribuan surat.

Baca Juga  Nester Alaha Keni Gadis Bersuara Emas dari Timur

Emil memberikan penawaran yang sangat menarik untuk Daimler Motor. Ia berjanji akan membeli 36 mobil buatan mereka namun dengan satu syarat.

“Gunakan nama Mercedez sebagai nama mobil tersebut,” ucap Emil.

Akhirnya, Daimler Motor mengamini permintaan Emil. Tahun 1901, Daimler meluncurkan mobil sport pertamanya yang dinamai Mercedez dengan 35 tenaga kuda. Mobil itu meraih kesuksesan besar dalam ajang balap mobil di jerman. Ini membuat dunia mengenal nama Mercedez sebagai nama mobil unggulan.

Emil mulai menjual mobil tersebut ke seluruh Eropa. Mercedez menjadi mobil paling laku dalam penjualan tersebut. Saking populernya, media berita menyebut zaman itu sebagai ‘Era Mercedez’.

Kisah Pilu Mercedez

Namun kesuksesannya itu tidak berakhir hingga akhir hayat sang Emil Jellinek. Pada zaman Perang Dunia pertama, Emil ditangkap karena dituduh sebagai mata-mata. Seluruh propertinya diamankan dan ia meninggal pada tahun 1918. Anaknya, Mercedez Jellinek sudah menikah saat itu. Namun, pernikahannya gagal.

Mercedez menikah dua kali dan memiliki 2 orang anak. Suami pertamanya meninggalkan Mercedez lantaran dipaksa untuk menjadi abdi negara. Sedangkan suami keduanya meninggal tidak lama setelah mereka berdua menikah. Mercedez hidup dalam kemiskinan hingga ia harus meminta tetangganya untuk memberi makan kedua anaknya.

Baca Juga  Sulianti Saroso Dokter Perempuan Pada Zaman Kemerdekaan

Penderitaannya belum selesai di sana. Tak lama setelah kepergian suaminya yang kedua, ia divonis mengidap kanker tulang. Pada umurnya yang ke-39, Mercedez meninggal dunia. Itu adalah akhir kisa dari keluarga Jellinek. Meski nama Emil Jellinek hilang dalam sejarah, namun nama anaknya terkenal hingga saat ini.

Setelah kepergian keluarga Jellinek, kita mengetahui bahwa Daimler Motor bekerja sama dengan Karl Benz dan menghasilkan mobil bernama Mercedez Benz. Namun, kolaborasi mereka bukanlah awal ketenaran Mercedez.

Artikel Terkait