Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan

 Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan

Kitapastibisa.id – Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan – KR Jogja

Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan – Mawar terkenal akan keindahannya. Kerap dijadikan lambang cinta dan romantisme, siapa sangka mawar bisa dimakan? Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Mawar asal Desa Cluntang, Boyolali, buktikan bahwa mawar dapat dikonsumsi.

“Selain petani sayur-mayur, Cluntang punya potensi lain yaitu mawar. Yang tadinya cuma sebagai bunga tabur, sekarang dengan pelatihan, kami bisa membuat berbagai macam makanan dari bunga mawar,” tutur Sri Mulyani, ketua KWT Putri Desa Cluntang, dikutip dari akun Youtube Diskominfo Boyolali.

Kelompok Wanita Tani Cluntang mampu meramu sirup, teh celup dan kripik berbahan dasar mawar. Cara mengolahnya pun sederhana. Mirip seperti mengolah teh, mulai dari memisahkan kelopak mawar yang kecil dan yang besar, menjemur, hingga menyangrai menjadi teh.

Untuk pembuatan sirup dan kripik sedikit berbeda. Jika mawar hendak diseduh sebagai minuman biasa, kelopak mawar cukup dikeringkan. Untuk sirup, kelopak mawar perlu direbus sebelum kering. Sedangkan untuk keripik, kelopak mawar dicampur dengan adonan.

Baca Juga  Sosok Inspiratif di Balik Taman Baca Kolong Ciputat

“Untuk pembuatan sirup kita langsung rebus. Kalau untuk keripik kita tambah adonan lalu digoreng,” ujar Sri.

Sri mengaku membutuhkan 10 kg mawar dalam sekali produksi dengan rincian 5 kg teh dan 5 kg untuk produk lainnya. Sri dan KWT-nya mampu menghasilkan 1 juta hingga 1,5 juta perbulan dari hasil penjualan makanan berbahan dasar mawar.

Baca Juga: Rihanna Akan Segera Luncurkan Koleksi Pakaian Pria

Mawar: Cantik dan Berkhasiat

Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan
Kitapastibisa.id – Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan – Suara Merdeka

Selain sedap dipandang, mawar ternyata sehat untuk dimakan. Percaya atau tidak, mawar memiliki nutrisi yang tinggi serta mampu mengatur berat badan. Mengutip dari artikel klikdokter, kelopak mawar mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, antosianin, dan zink.

Selain itu, mawar juga mengandung sitrat, sitronelol, geraniol linalol, dan nerol. Tak ayal jika mawar menjadi salah satu bahan pengobatan tradisional Tiongkok. Kaya akan kandungan nutrisi, orang-orang Romawi kuno kerap memakan kelopak mawar mentah-mentah. Bahkan, kelopak mawar masih dijadikan pemanis hidangan di restoran bintang lima. Tentu untuk dimakan.

Air seduhan mawar juga mampu mengontrol berat badan serta merawat kecantikan. Cukup menyeduh kelopak mawar, maka air seduhannya dapat diminum. Sedangkan ekstrak mawar bisa untuk penyembuh luka bakar dan membersihkan wajah.

Baca Juga  Skuad Putri All-Star Juarai Turnamen Dunia di California

Tentu, mengonsumsi mawar terdengar asing. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter untuk menghindari alergi. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait