Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Kitapastibisa.id – Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur – Klikdokter

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur – Saat baru bangun tidur, ada kalanya kita merasa pusing. Bahkan kadang bisa sampai menganggu aktivitas harian kita. Kondisi pusing saat bangun tidur, biasanya disebabkan oleh perubahan posisi tiba-tiba saat kita bangun tidur. Seperti saat bangun tidur, kita langsung duduk atau bangun secara-tiba-tiba. Hal inilah yang bisa menyebabkan cairan di telinga bagian dalam bergeser. Posisi tidur dan bantal yang keliru bisa menyebabkan sakit leher yang berdampak pada kepala. Hal ini terjadi karena Otot Leher yang Tegang. Sebaiknya, bantal bisa menopang leher dan tulang belakang saat tidur dan posisi tidur lebih diperhatikan untuk mencegah hal ini terjadi.

Kadar Gula Darah yang Rendah dapat menyebabkan Pusing saat bangun tidur. Hal ini dikenal sebagai gejala hipoglikemia atau kandungan gula dalam darah yang menurun secara tidak wajar. Kekurangan cairan atau Dehidrasi juga bisa menyebabkan gejala seperti ini. Jika selama seharian kita kurang minum air selama beraktivitas, berkeringat terlalu banyak, atau minum minuman yang mengandung kafein tinggi.

Baca Juga  Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula

Seseorang juga bisa merasa pusing saat bangun tidur karena sedang pilek atau memiliki sinus. Kondisi ini disebabkan oleh kelebihan cairan dan pembengkakan di sinus yang berkaitan dengan telinga dalam. Ada juga pusing di pagi hari sekitar pukul 04.00 sampai 08.00 pagi yang disebabkan oleh tubuh yang lebih sedikit memproduksi hormon penghilang nyeri, sementara tubuh memproduksi hormon adrenalin yang lebih banyak. Hormon adrenalin memengaruhi tekanan darah dan pelebaran pembuluh darah.

Baca Juga: Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

Penyebab lain Seseorang merasa Pusing saat bangun tidur

Selain itu, ada juga penyebab lainnya seseorang merasa pusing saat bangun tidur. Seperti Gangguan tidur misalnya sleep apnea yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang. Insomnia atau sulit tidur juga bisa menurunkan kualitas tidur dan jam tidur yang kurang, sehingga seseorang merasa pusing ketika bangun tidur.

Menghindari Pusing Saat Bangun Tidur bisa dengan cara memastikan tubuh sudah tercukupi kebutuhan cairannya dan tidurlah dengan waktu yang cukup. Tidur dengan lingkungan yang mendukungmu tidur seperti lingkungan yang tenang, gelap, dan suhunya tidak panas. Usahakan juga untuk tidur dalam waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama setiap hari, serta pastikan waktu tidurmu cukup.

Baca Juga  Gwyneth Paltrow, Tampil Topless di Ulang Tahun ke-48

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *