Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan

 Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Kitapastibisa.id – Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan – Grid

Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan – Air merupakan kebutuhan vital, hampir 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air, oleh karenanya dibutuhkan cairan yang cukuup untuk memenuhi kebutuhannya. Tubuh memerlukan air atau cairan untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.

Selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, air putih juga berperan untuk membantu sistem metabolisme tubuh. Cairan tubuh merupakan alat transportasi bagi sisa atau limbah yang keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Agar ginjal dapat melakukan tugasnya untuk membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan tercukupi. Maka perlu minum air putih dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal. Selain itu juga berguna untuk mempertahankan fungsi usus yang normal sehingga makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Baca Juga  Roti Ubi, Camilan Viral Khas Korea Selatan

Tubuh melepaskan air  secara terus-menerus

Secara terus-menerus tubuh melepaskan air dalam bentuk keringat, air seni dan proses bernapas. Dengan rutin minum air, kita dapat memastikan tubuh tidak kekurangan cairan dan terindar dari dehidrasi. Kekurangan air tentu akan sangat berpengaruh terhadap sistem kerja tubuh. Sejumlah penelitian menemukan, bahwa cukup minum air putih selain dapat menghindari dehidrasi juga bergunan untuk membantu kinerja fungsi otak dan kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Demi mendapat kesehatan yang optimal dan memenuhi kebutuhan air harian, minumlah air secara berkala. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board aturan minum air putih yang tepat adalah 2,7 liter per hari bagi wanita, sementara itu pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari. Misal dengan cara minum 1-2 gelas air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang. Langkah sederhana ini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, yaitu dengan cara rutin minum air putih sebelum tidur. Minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Cukup minum 1 gelas setelah makan, agar dapat membantu proses pelarutan makanan dan fungsi enzim yang diperlukan saluran pencernaan.

Baca Juga  Kampanye Cegah Pandemi lewat Batik Motif Covid-19

Baca Juga: Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Minum air  sesuai kebutuhan tubuh

Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan
Kitapastibisa.id – Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan – inews

Ketika berolahraga banyak cairan di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat, untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, disarankan minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga. Selain itu juga penting dilakukan ketika sakit. Sebab air putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menyeimbangkan kadar cairan yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda bergantung pada kondisi badan tertentu, seperti pengaruh cuaca, aktivitas tubuh, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan lainnya.

Jika kekurangan cairan dapat mengganggu fungsi organ tubuh, kelebihan cairan atau overhidrasi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Overhidrasi terjadi akibat tubuh mengalami keracunan air atau hiponatremia. Konsumsi cairan yang berlebihan dapat berakibat parah jika menyebabkan pengenceran natrium dalam darah. Hal itu dapat menyebabkan pembengkakan otak dan paru-paru, ketika cairan bergeser untuk mencoba mengimbangi kadar natrium dalam darah. Untuk menghindari bahaya overhidrasi, pastikan minum air putih secara cukup serta mengenali waktu merasa haus dan benar-benar membutuhkan air putih.

Baca Juga  Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar

Jangan lupa pula memastikan air minum layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan, guna menghindari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi. Setidaknya pastikan minum air yang bersuhu ruangan. Anda juga bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Seperti dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water. Tak hanya konsumsi air putih, makanan pun dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20%. Cairan dari makanan utamanya diperoleh dari buah dan sayur yang kandungan airnya mencapai 90%.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *