Otak-Otak, Primadona Makanan Khas Daerah Pesisir

 Otak-Otak, Primadona Makanan Khas Daerah Pesisir

Kitapastibisa.id – Otak-Otak, Primadona Makanan Khas Daerah Pesisir – Cookpad

Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari daging tenggiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Penganan ini populer di kawasan sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata, seperti Kepulauan Riau, Singapura, dan Malaysia, tetapi tersebar luas pula di berbagai kota di Sumatera dan Jawa. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di Tanjungpinang, Palembang dan Makassar.

Terbuat dari ikan yang diambil dagingnya, kemudian dihaluskan dan dibumbui. Selanjutnya, daging ikan tersebut dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan yang kemudian direbus atau dipanggang dalam balutan daun pisang. Makanan ini dapat dimakan tersendiri atau dengan saus asam pedas. Selain bisa dijadikan camilan, makanan ini juga dijadikan lauk untuk makan nasi.

Berada di dekat pesisir, olahan ikan laut menjadi salah satu kudapan yang wajib dicoba saat berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Otak-otak Ikan Tenggiri Ibu Elly merupakan yang sangat ternama di Makassar.

Baca Juga: Tips Memilih Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Baca Juga  Khasiat Tanaman Herbal Menangkal Virus

Bisnis Makanan Otak-Otak

Makanan ini terbuat dari bahan baku ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung gandum. Setelah dikukus, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Otak-otak khas Ibu Elly ini lebih mantap jika dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah kita atau kawan-kawan kita, jika habis bepergian di Makassar. Terletak di Jalan Kijang No 7 D, Makassar.

Menurut Ibu Elly, ia merintis usaha bisnis kuliner ini sejak tahun 1995. Ia dengan memasok otak-otak ke sejumlah restoran seafood di Makassar. Sebelumnya, dari tahun 1974, mertuanya yang bernama Aci’ Noni lebih dulu menjual Otak-otak saat masih tinggal di jalan Maccini Tengah, Makassar.

Otak-otak Ibu Elly ini harga perbijinya dijual Rp 4.000. Namun jika untuk dibawa pulang, Ibu Elly menawarkan beberapa paket kemasan, seperti paket 10 biji seharga Rp 35.000, paket 15 biji seharga Rp. 45.000, paket 20 Biji seharga Rp 60.000, paket 25 biji seharga Rp.75.000, paket 30 biji seharga Rp. 90.000, paket 40 biji seharga Rp 120.000 dan paket 50 biji seharga Rp 150.000.  Tentunya lebih murah dari harga satuan.

Baca Juga  Sambal Tumpang, Makanan Khas Boyolali

Saat hendak dinikmati, otak-otak lebih enak bila dipanaskan lebih dahulu. Bisa dengan dipanggang atau dipanaskan dengan menggunakan wajan tanpa diberi minyak kelapa. Tak lupa cocolan sambal kacang atau sambal petis khas Makassar. Yang memiliki warna kecoklatan dengan rasa asam manis, yang menjadi teman dari otak-otak ini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *