Olahan Teh Herbal Untuk Kesehatan

 Olahan Teh Herbal Untuk Kesehatan

kitapastibisa.id – Olahan Teh Herbal Untuk Kesehatan – Klikdokter

Teh herbal cukup populer di kalangan masyarakat, apalagi bagi mereka yang mendambakan pola gaya hidup sehat. Teh herbal telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Teh herbal sendiri terbuat dari daun dan batang tanaman berkhasiat yang dikeringkan. Teh ini terdiri dari banyak varian dengan efektivitas yang berbeda tergantung jenisnya. Daya tarik terbesar teh herbal adalah adanya efek relaksasi, aromaterapi dan pengobatan yang bisa diperoleh secara bersamaan.

Baca Juga: Arswendo Otmowiloto, Maestro Literasi Indonesia

Berbagai Pilihan Teh Herbal Untuk Kesehatan

Jahe

Manfaat tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional ini adalah meningkatkan metabolisme, antibakteri, serta membantu kerja perut dan usus. Jika Anda meminumnya dalam keadaan hangat, teh ini akan membantu menghangatkan tubuh Anda dari dalam. Karena itu, teh jahe berkhasiat untuk mencegah masuk angin dan mengatasi ketidakseimbangan hormon pada wanita. Anda yang mudah kedinginan juga dianjurkan untuk meminumnya untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga  Dalgona Coffee, Kopi Viral Dari Negeri Gingseng

Chamomile

Dari berbagai khasiat yang dimiliki, chamomile paling dikenal dengan kemampuannya dalam menenangkan tubuh dan pikiran. Teh ini memiliki rasa manis yang lembut bagaikan apel dan aroma yang menenangkan. Berkat aromanya tersebut, teh ini dapat mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Chamomile merupakan obat anti-inflamasi (anti radang) yang bisa dimanfaatkan dengan cara diminum ataupun dihirup uapnya.

Peppermint

Teh peppermint memiliki rasa yang paling menyegarkan di antara teh herbal lainnya. Teh ini juga mampu memberikan beberapa khasiat, yaitu antibakteri, mengatasi perut yang tidak nyaman, dan menghilangkan hidung tersumbat. Tidak hanya itu, efek stimulan yang ditawarkan membuatnya cocok dikonsumsi saat Anda butuh konsentrasi. Jika Anda ingin menangani hidung tersumbat dengan aroma mentol yang menyegarkan, pilihlah teh varian ini. Ketika perut Anda sedang tidak nyaman akibat makan terlalu banyak atau kembung, Anda juga bisa mengonsumsi teh peppermint untuk mengatasinya.

Serai

Teh serai dipercaya dapat membantu memerangi radikal bebas, sehingga mengurangi timbulnya peradangan di dalam tubuh. Sedangkan serai sendiri mengandung senyawa pembasmi inflamasi, yaitu chlorogenic acid, isoorientin, and swertiajaponin. Selain itu serai juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Sebab ekstrak serai merupakan salah satu penghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Baca Juga  Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Ginseng

Ginseng yang banyak dikonsumsi di Korea kini juga popular dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng diduga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kelenturan pembuluh darah. Teh ini juga dapat menghambat terbentuknya gumpalan atau plak di pembuluh darah. Efek ini dianggap baik untuk kesehatan jantung.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *