Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung

 Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung

Kitapastibisa.id -Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung – Pikiran rakyat

Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung – Odading Mang Oleh yang telah dipopulerkan oleh Youtuber asal Bandung Ade Londok ini banyak sekali mengundang perhatian netizen di dunia maya. Bahkan demi mencicipi odading seharga Rp1500 ini, para pembeli harus rela mengantre.  Saking membludaknya antrean, polisi sampai turun tangan memberi arahan pada pengunjung untuk menjaga jarak dan menggunakan masker.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampai memberikan hadiah berupa Handphone dan mengangkat Ade sebagai Duta UMKM Jabar. Ridwan Kamil berharap hadiah pemberiannya itu dapat membantu kegiatan vlog Ade kedepannya agar bisa merekam video dengan kualitas yang lebih bagus.

“Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar,” ujar Ridwan Kamil saat mengunjungi Odading Mang Oleh sekaligus bertemu Ade Londok, di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).

Sebelum menjadi viral seperti sekarang ini, ternyata Ade sering mempromosikan makanan dengan gaya unik serta beberapa pantun yang mengundang gelak tawa. Salah satunya ketika mencicipi salah satu produk mie lokal. Ade mengibaratkan rasa dari produk tersebut seperti berselancar di pantai bersama artis Luna Maya. Bentuk promosi tersebut untuk menggambarkan rasa yang menurutnya enak.

Baca Juga  Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung

Baca Juga: Kisah Pengrajin Kelapa Papua yang Hasilkan Jutaan Rupiah

Simak Bagaimana Cara Membuat Odading Enak dan Mudah

Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung
Kitapastibisa.id – Odading Mang Oleh, Camilan Viral Khas Kota Bandung – Tribun

Odading atau kue bantal adalah salah satu jajanan Khas Bandung yang sangat terjangkau harganya, bahannya pun cukup mudah. Enak dinikmati bersama dengan kopi atau teh. Berikut resep odading yang bisa kamu praktekkan.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi
  • 200 ml air hangat
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Campur bahan-bahan utama yaitu tepung terigu, gula pasir, garam dan ragi instant dalam satu wadah kemudian aduk hingga rata.
  2. Kocok telur (tidak perlu terlalu lama) kemudian masukkan dalam adonan lalu aduk kembali.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit pada adonan sambil terus uleni sampai adonan benar-benar kalis.
  4. Tutupi adonan dengan serbet bersih atau plastik bening. Diamkan selama 1 jam.
  5. Setelah 1 jam, buka penutupnya, kempiskan adonan yang mengembang lalu bentuk sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan bulatan-bulatan kue Odading (usahakan semua bulatan terendam minyak agar tingkat kematangan-nya merata).
  7. Goreng Odading sambil aduk perlahan, tunggu hingga warnanya berubah kuning kecoklatan. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
Baca Juga  Makanan Indonesia yang Go International

Artikel Terkait