Ngabuburit Di Rumah Saat Karantina

 Ngabuburit Di Rumah Saat Karantina

kitapastibisa.id – Ngabuburit Di Rumah Saat Karantina

Ngabuburit Di Rumah Saat Karantina – Ramadhan Tiba, Ramadhan Kareem. Mulai tanggal 24 April 2020 lalu, kita sudah memulai untuk menjalankan ibadah puasa, bagi yang muslim. Ramadhan merupakan ibadah penting di islam sebagai bulan untuk menahan nafsu dari makanan dan minuman sampai menahan diri dari perilaku tidak baik dan mendalami rasa sabar dan empati untuk sesama. Bulan ini merupakan bulan yang di tunggu oleh para kaum muslimin. Namun sayangnya karena pandemi COVID-19 maka banyak kegiatan Ramadhan yang tidak bisa dilakukan. Seperti membeli makanan untuk ngabuburit beli cemilan dan es, buka puasa bareng, solat traweh dan bahkan mudik menjadi larangan karena berlakunya aturan social distancing.

Dari sini bisa mengacu rasa kekurangan di masyarakat, bahwa kegiatan puasa bulan ini tidak lengkap. Apalagi banyak yang tidak bisa pulang bertmu keluarga besarnya. Jadi, apa yang harus kita lakukan?

Kita sebagai masyarakat yang peduli dan pastinya tidak ingin terkena penyakit ini, baiknya mau tidak mau harus tinggal di rumah masing-masing. Ini juga untuk kebaikan keluarga kita untuk mencegah resiko penyebaran ke mereka juga. Lalu apa yang bisa kita lakukan di kala karantina ini saat bulan puasa? Berikut adalah beberapa ngabuburit di rumah, simak yuk!

Baca Juga  Beberapa Tips Nyaman Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi

Baca Juga: Nadiem Makarim Yang Menjelma Menjadi Menteri

1. Membaca dan Belajar

Kala baiknya bisa saja kita anggap waktu lama kita dirumah sebagai kesempatan untuk akhirnya membaca buku-buku yang kita tidak sentuh dengan alasan “Tidak sempat”. Dirumah bukan berarti kita malas juga, kalau bisa saat sini semua kelar kita sudah mempunyai ilmu lebih. Bahkan untuk yang muslim lebih baik jika membaca dan mendalami Al-Quran untuk menambah pahala.

2. Work From Home

Ini sudah jelas sih, terutama bagi yang masih bekerja, ada seberapa perusahaan yang mengaplikasikan kebijakan work from home atau bekerja dirumah. Disini sudah pastinya kita harus menjalani kewajiban kita sebagai pegawai. Namun jangan lupa untuk membagi waktu untuk kerja dan istirahat.

3. Olahraga

Bagi yang sedang tidak puasa, atau yang puasa sekalipun bisa memulai rutinitas olahraga di dalam rumah, dari pushup, situp dan bahkan Yoga. Pastinya ada banyak tutorial olahraga dirumah yang bisa dilihat di aplikasi video YouTube. Mentang mentang “libur” dirumah terus bukan berarti badan lemas dan malas!

Baca Juga  Kenali Perbedaan Batuk Covid-19 dan yang Bukan

4. Membantu kegiatan rumah/Beres-beres

Sekarang dengan banyak waktu luang, bersempatlah untuk membantu orang-orang rumah seperti keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan seperti bersih-bersih dan memasak. Ingat, kebersihan adalah bagian dari iman dan membantu orang tua akan mendapat pahala besar.

5. Main game

Ya memang lebih baik main game saja dirumah dari pada keluar, terutama dengan modernnya game sekarang dimana bisa bermain dengan temanmu yang jauh rumahnya dan banyak game yang sedang diskon untuk membuat para pembeli mau diam saja dirumah. Bulan ini merupakan bulan yang asik untuk para gamers. Namun jangan lupa istirahat dan beribadah ya!

Yang pasti, ini merupakan cobaan yang harus kita hadapi dengan kuat dan sabar. Memang baiknya mencari cara untuk menghibur diri saat sedang musibah seperti ini. Good vibes only!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *