Negara Paling Dingin Di Dunia

 Negara Paling Dingin Di Dunia

kitapastibisa.id – Negara Paling Dingin Di Dunia

Negara Paling Dingin Di Dunia – Ada beberapa tempat di bumi, memiliki suhu dingin yang ekstrem. Menurut Guinness World Records, tempat terdingin yang ditinggali manusia secara permanen adalah Oymyakon, Siberia. Saking dinginnya, suhu di desa itu mencapai -62 derajat Celcius dan membekukan bulu mata warganya. Meski begitu, aktivitas warga di negara paling dingin ini tetap berjalan normal.

Sinar matahari merupakan barang yang mewah di Desa Oymyakon. Pada saat musim dingin, siang hari hanya tiga jam. Sementara pada musim panas, siang bisa sepanjang 21 jam. Di desa ini  tanah membeku secara permanen karena iklim subarctic yang ekstrem. Sekitar 500 penduduk Oymyakon kebanyakan tidak dapat bercocok tanam, oleh karena itu makanan mereka pada dasarnya terdiri dari daging rusa, kuda dan ikan. Suhu yang begitu rendah menyebabkan tanaman dan buah-buahan tak sanggup tumbuh di kawasan ini.

Penduduk di sana punya cara sendiri untuk bertahan hidup di Oymyakon. Sebagian besar penduduk Oymyakon adalah Turki Yakut yang merupakan penduduk asli wliayah Timur Laut Siberia. Untuk menyiasati musim panen yang pendek, mereka biasa mengambil buah beri liar dan bergantung pada daging-dagingan. Penduduk Yakutia menganggap makanan dingin seperti ikan mentah, salmon putih, dan hati kuda mentah beku sebagai makanan yang lezat.

Baca Juga  5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar

Untuk makanan sehari-hari, mereka juga suka mengonsumsi sup daging karena baik untuk kesehatan. Sebab, hidup di area yang sangat dingin dapat membuat kelaparan, sehingga penduduk di sana harus tetap menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi daging-dagingan. Selain mengonsumsi makanan hangat, penduduk di Oymyakon juga menghangatkan diri dengan memakai baju tebal berbahan bulu rusa dan mengonsumsi “Russki chai” yang merupakan sebutan lain untuk vodka.

Baca Juga: Seniman Maluku Bikin Lagu untuk Pahlawan Corona

Penduduk Oymyakon Tidak Pernah Mengalami Gizi Buruk

Kebanyakan warga di Oymyakon tak pernah tercatat mengalami gizi buruk karena mereka juga mengonsumsi nutrisi dari susu hewan. Populasi di desa kecil tersebut hanya terdiri dari 500 orang. Kebanyakan rumah-rumah warga di sana juga masih menerapkan toilet di luar rumah. Kemudian masyarakat sebenarnya juga sering menghadapi beragam masalah. Biasanya Oymyakon juga kerap mengalami mati listrik dan mobil sulit untuk digunakan karena bahan bakar yang membeku.

Sebagian besar wisatawan ke Oymyakon untuk wisata petualangan. Sekaligus mengagumi Pilar Lena, penjara gulag, atau desa Tomtor, yang menyelenggarakan Festival Kutub tahunan, menampilkan budaya dan masakan Yakut dan Evenk. Meskipun jadi destinasi wisata di Siberia, Oymyakon tidak memiliki hotel atau restoran. Pengunjung yang menginap harus memesan layanan homestay kepada penduduk setempat.

Baca Juga  Membaca Doa Qunut di 15 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Setiap manusia tentu diberi kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Begitu pun dengan warga di sana. Meski cuaca sangat ekstrem tapi mereka tetap bisa beraktivitas seperti manusia yang hidup di belahan bumi lainnya. Disarankan jangan ke sana kalau tidak bisa bertahan dengan dingin.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *