Nama Setan dalam Islam dan Tugas Mereka

 Nama Setan dalam Islam dan Tugas Mereka

Kitapastibisa.id – Nama Setan dalam Islam dan Tugas Mereka – Republika

Nama Setan dalam Islam dan Tugas Mereka – Sudah menjadi itikad dan tujuan setan untuk terus mengganggu manusia. Dalam masa penciptaan manusia yang pertama kali, setan sudah berjanji akan terus mengganggu manusia. Kisah tersebut terekam dalam surat Al-Araf ayat 11 sampai 15. Allah ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian, lalu Kami bentuk tubuh kalian, kemudian Kami katakan kepada para malaikat, ‘Bersujudlah kalian kepada Adam’, maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk orang-orang yang bersujud. Allah berfirman, ‘Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?’ Iblis pun menjawab, ‘Saya lebih baik daripadanya. Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.’ Allah berfirman, ‘Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sudah sepantasnya tidak menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.’ Iblis menjawab, “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan. Allah berfirman, ‘Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.”

Bahkan, Iblis bersumpah akan selalu mengganggu manusia hingga mereka semua sesat. Ungkapan tersebut tedapat dalam surat Shad ayat 82 yang berbunyi,

Baca Juga  Tanda dan cara Melepaskan Diri dari Gangguan Jin

“Iblis menjawab, ‘Demi kekuasaan-Mu! Aku akan menyesatkan mereka semuanya.”

Tentu, dalam menggoda manusia mereka memiliki tugasnya masing-masing. Iblis telah membagi tugas pasukannya untuk mengganggu ibadah manusia. Berikut nama nama setan dalam Islam beserta tugas mereka.

Baca Juga: Cara Menghadapi Orang Yang Munafik

9 Nama Kelompok Setan dalam Islam dan Tugas Mereka

  1. Pertama bernama Khonzab. Setan ini bertugas untuk merayu manusia agar tidak salat. Ia adalah sebab dari rasa malas serta enggan untuk salat.
  2. Kedua, adalah Wahlan. Ia adalah setan yang menggoda manusia agar malas untuk berwudhu. Ketika seorang mukmin berwudhu, setan ini mengganggu dengan cara membuat mukmin tersebut lalai dalam membasuh seluruh anggota wudhu. Selain itu, Wahlan juga kerap merayu manusia agar tidak dekat dengan Allah subhanahu wa ta’ala.
  3. Ketiga bernama Wasnan. Setan ini kerap menggantungi mata dan telinga manusia agar mereka sulit mendengarkan nasihat dan kajian Islam. Kerap Wasnan membuat mukmin tidak fokus kala mereka belajar agama dan mendengarkan nasihat.
  4. Zalanbur adalah nama setan yang mendorong manusia untuk hidup boros. Ia meracuni mata manusia agar mereka terus belanja bahkan hingga barang-barang yang tidak mereka butuhkan.
  5. Kelima adalah setan bernama Tibbir. Ia adalah dalang di balik amarah seseorang. Tibbir membakar emosi seseorang sehingga mereka tidak kuasa menahan diri kala sedang marah. Mereka yang gelisah dan mudah marah boleh jadi menjadi korban Tibbir.
  6. Keenam adalah setan yang menggoda manusia untuk berzina. Ia bernama A’war. Setan ini mengganggu manusia dengan cara mendorong syahwat mereka untuk terjerumus dalam zina. Mulai dari melihat hal yang haram hingga melakukan perbuatan zina.
  7. Dasim adalah setan yang membuat manusia merasa tidak pernah kenyang. Dasim-lah yang selalu menghantui manusia kala mereka makan. Ketika manusia tidak memulai makan dengan bacaan basmallah, maka Dasim ikut makan.
  8. Bingung dengan orang yang gemar ghibah dan fitnah? Boleh jadi ia adalah korban dari Masut Mathun. Setan ini menggoda manusia agar mulut mereka tidak dapat berhenti berbicara. Tak ayal, mereka kerap berbicara hal-hal yang semestinya tidak mereka bicarakan.
  9. Abyad menyandang status yang cukup tinggi. Ia adalah setan yang bertugas untuk mengganggu Nabi dan ulama. Kemampuannya yang utama adalah menyematkan rasa sombong pada hati manusia.
Baca Juga  Tips Menyusun Barang Koleksi Agar Terlihat Menarik

Doa Agar Terhindar dari Gangguan Setan

Sudah menjadi tugas jin dan setan untuk menyesatkan manusia. Allah ta’ala berfirman dalam surat Al-Jin ayat 6,

“Dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat.”

Oleh karenanya, ada beberapa hal yang dapat mengusir gangguan jin. Yakni: pertama, berlindung kepada Allah dengan melafalkan kalimat audzubillah.

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

Kedua, membaca ayat kursi.

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.”

Baca Juga  Umat Muslim dalam Pusaran Riya di Era Modern

Ketiga, membaca 3 surat terakhir Alquran, yakni Surat Al-Ikhlas, Al Falaq, dan An-Nas. Semoga kita terhindar dari godaan setan.

Artikel Terkait