Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu

 Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu

Kitapastibisa.id – Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu – Metrum

Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu – Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami peristiwa yang dinamakan dengan Deja vu. Sebuah perasaan aneh yang mengatakan bahwa peristiwa baru yang sedang kita rasakan sebenarnya pernah kita alami jauh sebelumnya. Peristiwa ini bisa berupa sebuah percakapan yang sedang kita lakukan, tempat baru yang sedang kita kunjungi ataupun sebuah acara TV yang sedang kita tonton. Lebih anehnya lagi, kita juga seringkali tidak mampu untuk dapat benar-benar tentang kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang kita tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita merasa tidak asing dengan peristiwa yang baru itu.

Keanehan dari fenomena inilah yang kemudian melahirkan beberapa teori metafisis yang mencoba menjelaskan sebab akibatnya. Salah satunya adalah teori yang mengatakan bahwa deja vu sebenarnya berasal dari kejadian serupa yang pernah terjadi. Yang mana dialami oleh jiwa kita dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Sering Bicara Sendiri

Baca Juga  Cara Menghemat Uang Belanja Mingguan

Pendapat-pendapat menganai Deja Vu

Pada awalnya, beberapa ilmuan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak. Kemudian dipersepsikan lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain. Sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori ini dikenal dengan nama “optical pathway delay” . Namun, teori ini berhasil dipatahkan setelah ditemukan bahwa orang buta pun bisa mengalaminya melalui indra penciuman, pendengaran dan perabaannya.

Deja vu didefinisikan sebagai perasaan bahwa Anda pernah mengalami situasi yang sama persis dengan situasi yang sedang Anda alami sekarang. Seakan-akan ada ingatan masa lampau mengenai situasi saat ini yang mendadak muncul. Fenomena ini dipengaruhi sederet fakta seperti, Pengaruh usia dimana deja vu lebih sering terjadi pada orang yang berusia lebih muda. Frekuensi bepergian, dimana Orang yang lebih sering bepergian memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalaminya. Selain itu stres serta rasa lelah juga memiliki pengaruh terhadap fenomena ini.

Baca Juga  Cerita Sukses Johnny Andrean Membangun Kerajaan Bisnis

Banyak faktor yang diperkirakan menjadi pemicu deja vu, seperti faktor memori. Pemicunya adalah adanya ingatan mengenai beberapa detail dalam pengalaman yang sedang terjadi, tetapi sumber ingatan tersebut sudah terlupakan. Faktor pemrosesan ganda juga menjadi pemicunya, saat perasaan familiar dan proses pemanggilan informasi di otak yang tidak sejalan, atau persepsi serta memori yang mendadak tidak sinkron. Faktor neurologis menjadi penyebab selanjutnya fenomena ini. Akibat keterlambatan transmisi neuron di antara mata, telinga, dan organ persepsi lain dengan pusat pemrosesan tingkat tinggi di otak juga bisa memicunya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *