Merawat Kuku Agar Nampak Sehat Alami

 Merawat Kuku Agar Nampak Sehat Alami

Kitapastibisa.id – Merawat Kuku Agar Nampak Sehat Alami – Alodokter

Merawat kuku tidak hanya sekedar untuk keindahan saja, namun juga untuk kesehatan. Karena dengan kuku yang bersih dan sehat dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit. Kuku merupakan bagian tubuh yang sering menjadi perhatian karena menjadi bagian tubuh yang selalu terlihat, oleh karenanya penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya. Memiliki kuku bersih dan indah tentu dapat menambah kepercayaan diri seseorang. Sebab dengan kuku yang sehat dan bersih akan membuat tampilan semakin menarik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Kuku yang sehat akan tampak mengkilap, indah, halus dan bersih. Merawat kuku harus dilakukan secara tepat, karena jika tidak kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebutlah yang akan membuatnya terlihat tidak menarik. Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan indah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memperindah kukumu.

Pertama, selalu jaga kebersihan kuku secara teratur, sengan cara membersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Hindari penumpukan kotoran di kuku. Jika kukumu kerap diwarnain dengan cat kuku, cobalah untuk memilih cat kuku dengan bahan aman. Ada baiknya untuk tidak melakukan perwarnaan kuku secara terus-menerus, agar kuku kamu tidak rusak karena terpapar bahan kimia yang keras.

Baca Juga  Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar

Baca Juga: Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi

Merawat kuku dengan menggunakan bahan-bahan alami

Merawat kuku bisa dilakukan dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya cukup dengan menggosokkan potongan buah pada kuku yang mau dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih. Bawang putih juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan kuku. Perawatan ini bermanfaat untuk mencegah masalah jamur kuku dan juga dapat membuat kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah. Selain kedua bahan alami itu, membersihkan kuku dengan air jeruk juga merupakan sarana yang cukup baik untuk kuku, dimana kuku akan terlihat bersih dan berkilau. Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih. Lidah buaya juga dipercaya sebagai pelembab alami bagi kuku. Caranya dengan menggosokkan lidah buaya yang pada kuku dan daerah sekitarnya, maka kelembapan dan kilau kuku pun akan kembali.

Selain dengan merawat kuku, kita juga sebaiknya menghindari kebiasaan buruk dengan mengigit kuku. Karena kebiasaan ini dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, bahkan luka kecil di samping kuku memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi. Tak hanya itu saja, area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit. Janganlah lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya. Mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin A serta buah-buahan agar kukumu ternutrisi.

Baca Juga  Menikmati Minuman Ala Cafe di Rumah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *