Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

 Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Kitapastibisa.id – Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga – Penjaga Rumah

Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga – Bunga mawar yang kerap dijadikan sebagai lambang cinta ini juga merupakan tanaman favorit banyak orang. Mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari famili Rosaceae. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai negara yang memiliki iklim tropis maupun subtropis.

Bunga mawar memiliki beragam warna, dari yang paling dikenal yaitu mawar merah, kuning, putih, merah muda, dan ungu. Selain bentuk dan warnanya yang menawan, bunga ini juga memiliki aroma yang wangi, sehingga sering dijadikan bahan parfum.

Cara merawat bunga mawar agar subur dan rajin berbunga ini sebenarnya tidak sulit dilakukan yang penting kita haruslah tahu apa saja yang di perlukan bunga mawar untuk memenuhi pertumbuhannya. Berikut ini cara merawat bunga mawar.

 Baca Juga: Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen

1. Membutuhkan Intensitas Sinar Matahari yang Cukup

Cara merawat bunga mawar yang satu ini penting dan wajib dilakukan. Tanaman mawar membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam kisaran waktu pukul 6-10 pagi. Tanaman ini membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tidak terlalu banyak terutama pada saat siang hari.

Baca Juga  Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir

2. Teknik Penyiraman yang Baik

Proses penyiraman berperan penting untuk mempercepat larutnya unsur hara dan juga mengatur kondisi udara sekitar. Penyiraman sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi antara jam 7-9 dan sore hari antara jam 4-6. Perhatikan tingkat kebasahan tanah dan juga umur tanaman mawar. Dan pada saat musim hujan, kegiatan penyiraman sebaiknya disesuaikan dengan keadaan.

3. Memangkas Batang dan Daun

Memangkas daun dan batang secara rutin juga penting, karena sangat berpengaruh bagi perkembang biakan tanaman ini. Tanaman bunga mawar yang memiliki terlalu banyak dahan, ranting dan daun biasanya pertumbuhan bunganya jadi lebih terlambat. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu melakukan pemangkasan minimal 2 minggu sekali.

4. Pengendalian Gulma dan Hama Penyakit

Penting untuk selalu melakukan pengendalikan gulma yang tumbuh di media tanaman secara rutin. Dengan membersihkan semua rumput-rumput pengganggu yang bisa mengganggu proses pertumbuhan bunga mawar. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan pengendalian hama dan penyakit secara efektif. Umumnya hama dapat berupa ulat daun, jamur dan bakteri. Untuk mencegahnya bisa dengan dengan menyemprotkan insektisida, fungisida atau bakterisida.

Baca Juga  Makna Menyendiri dan Terasing dalam Islam

5. Memberikan Pupuk

Untuk menambahkan unsur-unsur agar tanaman semakin subur, dapat menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan. Biasanya, kotoran yang dipakai berasal dari sapi dan kambing. Selain pupuk kendang, kamu juga bisa memberikan pupuk kimia yang mengandung nitrogen untuk pertumbuhan vegetative seperti daun, fosfor untuk pertumbuhan akar, dan kalium untuk membantu pembungaan dan pembuahan.

Artikel Terkait