Merapikan Rumah Ala Marie Kondo

 Merapikan Rumah Ala Marie Kondo

Kitapastibisa.id – Merapikan Rumah Ala Marie Kondo – Kompas

Merapikan Rumah Ala Marie Kondo –¬†Penulis asal Jepang Marie Kondo terkenal mendunia karena metodenya soal merapikan rumah yakni KonMari. Metode tersebut Ia tuangkan dalam bukunya “The Life Changing Magic of Tidying Up”. Yang berhasil menenpati daftar buku terlaris New York Times yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa, dan terjual lebih dari delapan juta kopi.

Lewat bukunya, Kondo menyampaikan pesan bahwa jika kamu merapikan rumah dengan baik, maka kamu tidak perlu melakukannya berulang-ulang.

“Kita tidak bisa fokus merapikan rumah sepanjang waktu. Kita punya kehidupan yang sibuk, mengurus anak, pekerjaan,” kata Kondo.

Menurut Marie Kondo, membersihkan seluruh rumah bisa memakan waktu hingga satu bulan. Namun, jangan paksakan hal ini. Sebab, seseorang yang tidak suka dengan ruangan rapi tidak akan melakukannya dengan benar. Jadi, ketika kamu merasa saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk merapikan rumah, maka secara emosional kamu juga tidak ingin melakukannya. Hal itu tidak dapat dipaksa.

“Merapikan adalah kesempatan untuk mempertimbangkan kembali seperti apa kamu senang menjalani hidupmu. Kamu mengevaluasi banyak hal, termasuk hidupmu,” Jelas Kondo.

Baca Juga  Mengenal Pesantren yang Tak Hanya Belajar Ilmu Agama

Baca Juga: Raynaldo Ginting Pendiri Rumah Baca Love Borneo

Merapikan Rumah, Menata Hidup

Kondo menyarankan untuk mulai merapikan rumah sesuai kategori urutan barang-barang yang akan dirapikan. Ia menganjurkan untuk memulai dengan pakaian, kemudian buku, kertas. Lalu beralih ke dapur, kamar mandi, garasi, dan barang-barang lain. Hingga barang-barang yang bersifat sentimental.

Hal prinsip yang membantu Kondo mampu menerapkan metode KonMari dengan efektif adalah bagaimana ia menilai setiap barang. Kondo menyarankan agar kita mengambil setiap barang dan bertanya kepada apakah barang ini memberikan kita kebahagiaan. Jika iya, maka pertahankanlah. Jika tidak, singkirkanlah barang itu. Mengurangi barang-barang membuat ruangan kita lebih bersih dari debu, dan kita cenderung akan membersihkan ruangan lebih sering.

Kondo mengatakan dalam hal penyimpanan sangat sangat sulit bagi kita untuk menyingkirkan foto-foto yang penuh memori. Oleh karena itu, Ia menyarankan untuk menyimpan foto-foto di dalam kotak atau album dan menyimpannya di tempat yang bisa dilihat secara rutin.

Selanjutnya Kondo juga mengajak kita untuk lebih mengenali diri sendiri. Efek dari merapikan ini adalah kita belajar banyak tentang diri kita, sebesar yang kita merapikan apa yang ada di balik lemari kita. Mulai dari hal kecil. Misalnya, merapikan tempat kaus kaki.

Baca Juga  Rahasia Buat Kamu Yang Mau Awet Muda

Artikel Terkait