Merangsang Kemampuan Otak Lewat Olahraga

 Merangsang Kemampuan Otak Lewat Olahraga

Kitapastibisa.id – Merangsang Kemampuan Otak Lewat Olahraga – Halodoc

Olahraga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan jasmani dan mental manusia. Kita menjadi lebih bugar dan daya tahan tubuh lebih kuat sehingga terhindar dari penyakit. Salah satu organ yang juga merasakan manfaat berolahraga adalah otak. David C. Nieman dalam jurnalnya yang berjudul The Sports Medicine Fitness Course (1986) ungkap olahraga memberikan dampak terhadap penurunan ketegangan dan otot dan akan meningkatkan transportasi oksigen ke otak. Berolahraga terbukti melancarkan peredaran darah dan memberi asupan oksigen yang cukup bagi otak

Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga Arizona State University mengungkapkan berolahraga akan mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, dan merangsang pelepasan zat di dalam otak.  Hal ini kemudian memengaruhi kesehatan sel-sel otak, pertumbuhan pembuluh darah baru di dalam otak, serta memengaruhi kelangsungan hidup sel otak baru.

Landers juga ungkapkan bahwa olahraga mampu meningkatkan kemampuan otak. Kemampuan otak antara lain daya memori, daya konsentrasi, kecepatan berpikir, dan daya kreasi untuk mrmecahkan suatu permasalahan. Sebuah penelitian Harvard Medical School menunjukkan bagian otak yang mengontrol ingatan dan kemampuan berpikir memiliki volume yang lebih besar pada orang yang berolahraga.

Baca Juga  Penanganan Cedera Saat Berolahraga

Baca Juga: Merawat Sepatu Kesayanganmu dengan Langkah Mudah

Olahraga yang mampu merangsang kemampuan otak.

Catur salah satu olahraga untuk merangsang kemampuan optimal otak. Manfaat permainan papan ini antara lain merangsang cara berpikir, kemampuan analisa memecahkan masalah, serta meningkatkan IQ dan SQ. Selain itu, catur juga memperkuat daya konsentrasi, meningkatkan daya kreatifitas otak.

Olahraga lain yang mampu merangsang kemampuan otak adalah bridge. Bridge merupakan implementasi beberapa disiplin ilmu di antaranya matematika, manejemen, sosial dan psikologi. Matematika diperlukan guna menghitung persentase atau peluang dalam distribusi lembar kartu. Ilmu psikologis diperlukan guna membaca pikiran pasangan dalam permainan bridge. Sementara manajemen diperlukan untuk melatih strategi yang akan dilakukan.

Berolahraga pada umumnya memiliki manfaat besar bagi tubuh. Kemampuan otak juga dapat dirangsang dengan berolahraga secara rutin. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan olahraga selama 150 menit per minggu akan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi kecerdasan otak. Bermain catur atau bridge selain mampu merangsang kemampuan otak juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga  Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *