Merancang Jadwal Olahraga Kardio Yang Efektif

 Merancang Jadwal Olahraga Kardio Yang Efektif

Kitapastibisa.id – Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia – Klikdokter

Merancang Jadwal Olahraga Kardio Yang Efektif – Oleh sebagian orang mungkin asing dengan istilah kardio, namun tanpa disadari sering melakukan olahraga jenis ini. Akhir-akhir ini banyak orang yang menyukai olahraga kardio karena dapat dilakukan sendiri di rumah.

Kardio sendiri berasal dari kardiovaskular yang erat hubungannya dengan pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, olahraga ini berfokus pada kesehatan jantung dan kelancaran pembuluh darah.

Olahraga kardio bermanfaat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jurnal The International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengatakan bahwa orang yang berolahraga kardio 3-5 hari per minggu meningkatkan metabolisme hingga 174 kcal.

Baca Juga: Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi

Tentukan tujuan sebelum merancang jadwal Olahraga

Manfaat lainnya adalah memperkuat dan membentuk otot-otot tubuh serta menjaga kelancaran sistem pencernaan. Olahraga ini teruji mampu memperbaiki kadar gula dalam darah dan kolesterol. Dalam sebuah studi jelaskan Olahraga Kardio dapat menurunkan dan mencegah diabetes type 2 serta mengurangi gejalanya. Hal ini karena kardio mampu menurunkan resistensi terhadap insulin dan memperbaiki cara tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah. Pada kesehatan mental, kardio dipercaya mengurangi gejala depresi dan mengembalikan mood.

Baca Juga  Tips Liburan Cermat, Kantong Hemat

Anda sebaiknya sudah menetapkan tujuan berolahraga kardio. Untuk menjaga kesehatan jantung cukup dengan olahraga intensitas sedang. Sementara untuk penguatan atau pembentukan otot bisa variasikan dengan angkat beban.

Merancang jadwal yang tepat akan menentukan tingkat keberhasilan dari tujuan awalnya. Olahraga berjalan sejauh 5 km selama 1 jam sudah membakar 314-391 kalori. Kegiatan berlari secara konstan selama waktu minimal 30 menit akan membakar kalori sebanyak 270 kalori.

Latihan lompat tali mampu membakar 33 kalori setiap satu menit melakukannya maka akan membakar sebanyak 33 kalori. Sebuah studi tentang satu latihan CrossFit (pull-up, push-up dan squat) sebanyak mungkin membakar rata-rata 13 kalori per menit. Angkat beban sebagai latihan kardio dapat membentuk otot dan membakar 365-455 kalori.

Melakukan satu jenis olahraga kardio tidak akan membantu Anda mencapai tujuan. Anda bisa kombinasikan beberapa jenis olahraga lain dalam satu sesi. Misalnya Anda ingin membentuk otot perut, maka dapat memasukkan CrossFit dan variasi angkat beban. Total waktu untuk berlatih dan kesediaan seseorang untuk konsisten juga merupakan faktor penting. Satu sesi olahraga kardio cukup dengan durasi 1-2 jam dalam 2-3 kali per minggu.

Baca Juga  Merangsang Kemampuan Otak Lewat Olahraga

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *