Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah

 Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah

Kitapastibisa.id -Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah – masakapahariini

Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah – Meramu minuman yang menyehatkan dari rumah menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan sehari-hari. Apalagi Covid-19 yang masih menghantui dan menjadi momok menakutkan bagi masyarakat pada umumnya. Menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi minuman yang dapat meningkatkan imunitas menjadi sangat penting bagi kita tidak hanya selama masa pandemic, tetapi juga pada keseharian normal.

Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Sementara itu, respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal.

Baca Juga  Terasi, Bumbu Dapur Populer Masyarakat Indonesia

Nah, manfaat dari zat-zat aktf untuk imunitas ini, ternyata bisa ditemukan dari bahan-bahan yang ada di dapur kita sendiri lho. Yuk, simak beberapa bahan dapur yang bisa diolah menjadi minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan Tubuh

  1. Sereh

Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah
Kitapastibisa.id – Meramu Minuman Serai – Fimela

Sereh merupakan salah satu herba yang biasanya selalu tersedia di dapur setiap rumah. Sereh memiliki banyak fungsi lho untuk Kesehatan tubuh. Beberapa manfaat sereh yakni  sebagai antimikroba, anti peradangan, detoksifikasi tubuh, membantu mengurangi risiko kanker, dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Dalam pengolahannya pun, sereh bisa dipadupadankan dengan jahe, daun mint, dan dicampur dengan gula aren.

  1. Kunyit

Jamu Populer di Masyarakat Indonesia
Kitapastibisa.id – Kunyit – Kompas

Kunyit sudah sangat terkenal memiliki zat aktif kurkumin yang banyak memiliki manfaat bagi Kesehatan tubuh. Bahkan kunyit merupakan salah satu bahan pembuat jamu, minuman tradisional turun temurun yang sudah terpercaya khasiatnya untuk menjaga Kesehatan tubuh. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki aktivitas anti-inflamasi, anti-mikroba dan analgesik sehingga sangat baik untuk membantu mengatasi peradangan, membantu meredakan nyeri haid dan nyeri lambung atau maag. Kunyit juga berfungsi  sebagai immune booster dan membantu menjaga fungsi hati.

  1. Jahe

Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe
Kitapastibisa.id – Jahe – Popbela

Jahe adalah salah satu mpon-mpon yang juga sudah sangat terkenal seperti kunyit. Manfaat dan kandungan pada jahe memang tidak diragukan lagi dalam menjaga Kesehatan tubuh. Jahe juga merupakan  salah satu rempah yang berkhasiat membantu mengatasi mual dan muntah, membantu menurunkan demam, serta membantu meredakan nyeri dan linu. selain itu, jahe juga membantu mengatasi gejala masuk angin dan melancarkan sirkulasi  darah. Olahan jahe juga bisa dicampur ke dalam berbagai masakan dan minuman. Bahkan merebus jahe dan sereh ditambahkan dengan gula juga menjadi sebuah hidangan yang sangat nikmat dan menyehatkan.

Baca Juga  Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

Artikel Terkait