Menurut Islam Tidur Siang Itu Baik

 Menurut Islam Tidur Siang Itu Baik

Kitapastibisa.id – Menurut Islam Tidur Siang Itu Baik – Tribun

Menurut Islam Tidur Siang Itu Baik – Sebuah anekdot mengatakan bahwa orang dewasa sangat mengidam-idamkan tidur siang. Namun tidak bagi anak kecil yang sulit sekali diminta untuk tidur siang. Kondisi yang kian terbalik itu menampakkan ironi kehidupan manusia yang serba terbalik. Namun, tahukah Anda bahwa tidur siang itu baik?

Bagi orang dewasa, tidur siang layaknya hadiah besar yang luar biasa. Namun, sebagian orang menganggap bahwa tidur siang adalah buang-buang waktu. Faktanya, tidur siang mampu meningkatkan kinerja otak dan mengurangi stress.

Tidur siang dalam Islam disebut dengan qailulah. Ia termasuk ke dalam sunnah atau perbuatan Nabi yang dianjurkan untuk dilakukan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidurlah qailulah (tidur siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb 1: 12; Akhbar Ashbahan, 1: 195, 353; 2: 69. Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa sanad hadits ini hasan dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1647)

Lebih spesifik dijelaskan dalam kamus Lisanul Arab, kata qailulah bermakna tidur di pertengahan siang. Sedangkan Ash-Shan’ani rahimahullah berkata,

Baca Juga  Princen, Serdadu Belanda yang Jadi Pahlawan Indonesia

“Qailulah adalah istirahat pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.”

Sebagian ulama menyebut qailulah sebagai tidur di siang hari. Dan sebagian lainnya menyebut sunnah tersebut sebagai istirahat. Keduanya adalah benar. Asalkan qailulah dilakukan di waktu yang tepat dan dalam durasi yang tepat.

Waktu untuk melaksanakan qailulah adalah sebelum salat zuhur atau selepas salat zuhur. Mengacu pada penelitian yang diunggah dalam situs Indonesia Men’s Health tidur siang yang baik adalah 10 hingga 20 menit.

Baca Juga: Hukum Bermulut Kasar Namun Berhati Baik Dalam Islam

Manfaat Qailulah

Tidur siang atau qailulah memiliki sejumlah manfaat. Sebelum membahas manfaat, mari terlebih dahulu membahas ihwal durasi tidur siang. Dikutip dari situs Indonesia Men’s Health, durasi tidur siang mempengaruhi tubuh secara berbeda.

Tidur siang selama 10 menit mampu meningkatkan ketajaman otak untuk waktu 2,5 jam. Manfaat ini tidak diperoleh jika hanya tidur selama 5 menit. Dalam waktu 20 menit, tidur Anda mampu meningkatkan produktivitas terhadap tugas yang berhubungan dengan angka.

Baca Juga  Tips Fotografi: Jenis Filter Lensa dan Penjelasannya

Selepas 20 menit, tidur Anda tidak bermanfaat. Tidur siang 30 menit hanya memberikan kesegaran dan tidur siang 90 menit tidak memberikan manfaat,dan membuat tubuh lebih lelah dari sebelumnya.

David Dinges, seorang peneliti asal University of Pennsylvania School of Medicine, menyebut bahwa tidur sebentar di siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Perilaku tersebut mampu meningkatkan kewaspadaan, kemampuan memori, kemampuan motorik, pengambilan keputusan dan semangat, serta dapat menurunkan kemungkinan sakit jantung dan stress sebesar 30 persen.

Dari segi Islam, Imam Al-Ghazali menyebut tidur siang kerap digunakan para ahli ibadah untuk beribadah di malam hari. Bagaimana? Sudahkah Anda tidur siang? Tapi jangan lama-lama!

Artikel Terkait