Menstrual Cup, Alternatif Pengganti Pembalut

 Menstrual Cup, Alternatif Pengganti Pembalut

kitapastibisa.id – Menstrual Cup, Alternatif Pengganti Pembalut

Di Indonesia, penggunaan pembalut masih menjadi solusi yang paling banyak dilakukan wanita saat menstruasi. Padahal menurut data Bank Dunia, penyumbang sampah plastik terbesar di dunia adalah pembalut dan popok sekali pakai dengan angka sebesar 21%. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memilih menstrual cup sebagai alternatif alat pelindung haid. Yuk kita simak!

Meski baru ramai diperbincangkan, menstrual cup ini sudah lama diciptakan, yaitu sekitar tahun 1991. Alat berbentuk cawan dengan gagang di ujungnya ini terbuat dari silikon fleksibel. Gagang yang berada di ujungnya digunakan untuk memasukkan serta mengeluarkan alat pelindung haid ini. Alat ini memiliki beberapa jenis dan ukuran, mulai dari kecil, sedang hingga besar, bahkan panjang gagangnya pun berbeda-beda.

Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut yang ramah lingkungan, karena dapat dipakai kembali setelah dicuci. Daya tahannya pun cukup lama, yaitu 6 bulan hingga 10 tahun, tergantung jenis dan perawatannya.

Baca Juga: Welin Kusuma 32 Kali Menjadi Sarjana Karena Hobi

Cara Menggunakan Menstrual Cup Yang Aman

Ada baiknya jika kamu mengetahui cara menggunakan pengganti pembalut ini terlebih dahulu. Tak sama seperti pembalut biasa, cara menggunakan menstrual cup ini adalah dengan memasukannya ke dalam vagina.

Baca Juga  Sejarah Baru Olahraga Tenis Indonesia

Sebagai langkah awal, cucilah tangan dengan sabun dan air hingga tanganmu bersih. Setelah tanganmu bersih, kamu bisa meratakan menstrual cup di antara ibu jari dan jari lainnya. Setelah menstrual cup diratakan, lipat menjadi dua bagian dengan tangan yang lainnya sehingga tekukan akan membentuk huruf C. Pegang menstrual cup dengan tangan yang kamu rasa paling nyaman. Bagian yang terlipat menghadap ke bagian dalam tanganmu.

Nah, ini bagian paling penting. Bersiap memasukkan cup ke dalam vagina. Rentangkan kedua kakimu, buka perlahan dan pisahkan labia dengan jarimu. Arahkan ujung yang terlipat dengan menghadapkan ujung berbentuk “u” terlebih dahulu ke arah vagina.

Saat ujung menstrual cup sudah masuk ke dalam vagina, cup akan mulai membuka lipatannya secara otomatis. Kamu hanya perlu mendorongnya sedikit dengan jari hingga seluruh cup masuk ke dalam, termasuk gagang cup. Tidak perlu ditempatkan terlalu tinggi, cukup memposisikan bagian bawah cup kurang lebih setengah jari dari tempat memasukkan cup. Posisi menstrual cup yang benar berada di area bawah vagina, namun melebihi tulang panggul.

Baca Juga  R.A Kartini Perempuan Yang Menulis Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *