Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Era New Normal

 Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Era New Normal

Kitapastibisa.id – Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Era New Normal – CNN Indonesia

Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Era New Normal – Memasuki fase new normal tentunya menuntut masyarakat untuk selalu hidup sehat dan bersih. Selain mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak, masyarakat juga harus menjaga daya tahan tubuhnya.

Menurut dr. Faheem Younus Kepala Klinik Penyakit Menular dari Maryland, Amerika Serikat, virus tidak akan hilang di musim panas atau cuaca panas. Kebersihan adalah hal utaman untuk melawan virus ini, Covid-19 tidak menular melalui udara, ini adalah infeksi virus yang membutuhkan media melalui kontak terdekat.

Kamu tidak dapat menghancurkan virus Covid-19 yang terlanjur menembus sel-sel tubuh dengan minum banyak air. Pasien tidak bisa disembuhkan hanya dengan banyak minum air putih. Terlalu banyak minum air bukannya sembuh malah hanya akan membuat Anda sering ke toilet.

Baca Juga: Berolahraga, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

Cegah Virus Corona dengan Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Virus Corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah lebih dari 100.000 orang positif terkena COVID-19. Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus ini. Tidak hanya virus Corona, sistem imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga  Bahaya Obesitas Menghantui Anak

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, ada hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, antara lain penuaan, kurang gizi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat.

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain itu, untuk menjaga imunitas tubuh, diperlukan juga asupan nutrisi yang cukup. Perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian agar daya tahan tubuh Anda kuat.

Olahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Namun, perlu kamu ingat, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya sesekali. Jadi, sempatkanlah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *