Menjaga Tubuh Agar Tetap Segar Selama Berpuasa

 Menjaga Tubuh Agar Tetap Segar Selama Berpuasa

kitapastibisa.id – Menjaga Tubuh Agar Tetap Segar Selama Berpuasa – Detik

Menjaga Tubuh Agar Tetap Segar Selama Berpuasa – Menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri agar kita mampu menyiasati pola makan dan juga asupan untuk tubuh. Agar tubuh tetap fit, sehat, dan produktif kita harus tahu makanan atau minuman dan kebiasaan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa.

Nggak mau dong, ibadah puasa membuat kita terlihat lemas dan mengganggu jadwal kegiatan sehari-hari hanya karena salah persiapan? Yuk intip tips-tips menjaga tubuh selama berpuasa agar tetap segar dan produktif di bulan Ramadhan!

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Begitu bangun sahur, segeralah minum satu gelas air putih hangat, dan tutuplah sahur dengan beberapa gelas air putih. Saat berbuka, mulailah dengan meminum segelas air putih hangat, dan tetaplah konsumsi air putih minimal satu jam satu kali. Hindari pula meminum minuman manis secara berlebihan. Dua langkah tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya dehidrasi di siang hari. Eits, tapi juga jangan terlalu banyak yah, kuncinya adalah konsumsi secukupnya agar pencernaan kamu juga tetap bisa bekerja dengan seimbang dan baik.

  1. Menjaga asupan protein

Pilihlah hidangan kaya protein baik saat sahur maupun berbuka, misalnya daging, ikan, sayur, kacang-kacangan, dan buah.  Tentu saja boleh mengonsumsi karbohidrat, seperti nasi dan kentang, tetapi usahakan tidak berlebihan. Lebih baik perbanyak lauk-pauknya daripada nasinya. Protein dapat membantu kulit, kuku, dan rambut tetap sehat serta lembap. Namun tetap ingat yah, jangan sampai berlebihan, apalagi Ketika buka bersama teman maupun keluarga.

  1. Kurangi garam

Hindari memakan makanan kaya akan kandungan garam agar kadar air tubuh tetap stabil. Perbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan, dan makanan yang tinggi serat agar pencernaan dan tubuh kamu tetap mendapat nutrisi ya.

  1. Cukup tidur

Mengatur jadwal tidur di bulan Ramadhan memang susah-susah gampang karena harus sahur dan salat tarawih. Solusinya, usahakan untuk tidak salat tarawih terlalu larut, minimal pukul 9 salat tarawih sudah selesai. Kemudian, segeralah tidur karena keesokan harinya kamu harus bangun pukul 3 untuk menyiapkan dan santap sahur.

Baca Juga  Ayam Cemani, Hitam Sampai Ketulang

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *