Menjaga Kesehatan Rambut dengan Langkah Mudah

 Menjaga Kesehatan Rambut dengan Langkah Mudah

Kitapastibisa.id – Menjaga Kesehatan Rambut dengan Langkah Mudah – Popbela

Menjaga Kesehatan Rambut dengan Langkah Mudah – Rambut adalah mahkota kepala yang juga memerlukan perhatian dan perawatan yang baik. Seperti halnya anggota tubuh yang lain, kita perlu memperhatikan dan mencukupi kebutuhan rambut kita. Merawat rambut tidak hanya dengan rajin keramas dengan menggunakan sampo. Ternyata makanan dan minuman serta tingkat stress kita juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut.

Banyak cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Eits, tentu saja bukan hanya rajin pergi ke salon lalu melakukan perawatan dengan biaya yang mahal. Kita bisa melakukan perawatan rambut dari rumah juga. Biasanya masalah seputar rambut dikarenakan rambut kering, rontok, bercabang, dan juga pecah-pecah. Walau kadang sepintas gangguan tersebut tidak terlihat secara kasat mata, tapi kita juga perlu dong memberikan perlakuan yang baik untuk rambut yang sehat.

Baca Juga: Mbah Lindu Membuat Gudeg di Usia Senja

Langkah perawatan untuk rambut dan kulit kepala.

  1. Mulai dari kulit kepala

Kita seringkali fokus hanya pada helai rambut tanpa memperhatikan ada kulit kepala yang juga sangat berpengaruh untuk rambut kita.  Rambut kita memiliki akar yang tumbuh di dalam kulit kepala, sehingga memiliki kulit kepala yang sehat adalah salah satu kunci utama untuk rambut yang juga sehat. Perawatan untuk kulit kepala bisa dimulai dengan keramas setiap dua atau tiga hari sekali, dan pijat kulit kepala selama 30 detik.

Baca Juga  Makeup Ala Anime/Cosplay Jepang

Memijat kulit kepala mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun atau vitamin E di kulit kepala. Dan lindungi kulit kepala serta rambut dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya dengan menggunakan penutup kepala seperti topi atau selendang.

  1. Perawatan Rambut Setelah Keramas

Nah, kebiasaan kita setelah keramas adalah mencoba menyisir dan mengeringkannya dengan handuk. Ups! Ternyata cara ini justru bisa menyebabkan rambut menjadi lebih rentan rusak. Rambut yang dalam kondisi basah biasanya malah cenderung lebih rentan mengalami kerusakan lho.

  1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Rambut

Rambut juga merupakan bagian dari tubuh kita yang juga perlu mendapatkan makanan penuh nutrisi. Nutrisi tersebut tentu saja bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari misalnya protein melalui kacang-kacangan, telur, dan juga susu. Menambahkan vitamin rambut juga bisa menjadi salah satu pilihan lho.

Artikel Terkait