Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung

 Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung

Kitapastibisa.id – Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung – megainsurance

Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung – Aktifitas makan merupakan salah satu bagian penting dari bertahan hidup. Dalam proses pencernaan makanan, organ yang sangat berperan adalah lambung. Lambung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Namun, masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan buruk sehingga dapat mencederai lambungnya. Hal ini juga karena masih banyak orang yang belum benar-benar mngerti cara kerja dan menjaga lambung agar tetap sehat dan dalam kondisi baik.

Gangguan kesehatan akibat lambung yang tak dijaga, antara lain maag, gastritis dan gastroparesis. Gastroparesis merupakan kondisi saat pergerakan otot perut melambat atau bahkan terhenti yang mengakibatkan perut tidak dapat dikosongkan. Penderita gastroparesis perlu menjaga kesehatan lambungnya. Penyebab penyakit ini belum bisa diketahui secara pasti, tetapi diyakini bahwa kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada saraf vagus, yaitu saraf yang mengendalikan otot lambung untuk berkontraksi dan mendorong makanan ke usus kecil. Saraf vagus yang rusak tidak mampu mengirimkan sinyal kepada otot lambung yang akhirnya membuat makanan tinggal dalam perut dan tidak dicerna di dalam usus kecil. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan menerapkan pola hidup sehat secara konsisten.

Baca Juga  Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan

Baca Juga: Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

Beberapa cara mengurangi risiko gangguan lambung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung
Kitapastibisa.id – Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Lambung – otc fahrenheit
  1. Porsi makan secukupnya

Jika kita sudah mengetahui bahwa kita memiliki kondisi lambung yang cukup sensitif, maka kita sangat perlu untuk memperhatikan pola serta porsi makan kita sehari-hari. Biasakanlah makan dengan porsi sedikit atau secukupnya terlebih dahulu, sehingga kita bisa menikmati makanan dengan nyaman, dan tidak terbuang.

  1. Memiliki Pikiran dan Jiwa yang Sehat

Tak bisa kita abaikan bahwa faktor yang menyebabkan gangguan pada pencernaan adalah stress dan pikiran. Jika kita sedang dalam kondisi tertekan akibat stress dan terlalu banyak pikiran, maka hal tersebut dapat memicu pencernaan kita menjadi tidak dalam kondisi baik. Bahkan stress dapat memicu perut kembung, mual, dan nyeri perut yang akan mengganggu sistem pencernaan makanan pada tubuh.

  1. Tidak mengonsumsi Makanan yang Terlalu Pedas dan Asam

Makanan yang mengandung asam dan rasa pedas cenderung tidak baik bagi kesehatan lambung. Saat makanan masuk ke dalam lambung, secara alami lambung akan mengeluarkan asam HCl. Namun, jika mengonsumsi makanan yang bersifat pedas atau asam, maka lambung akan mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung yang memicu perih.

  1. Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter

Jika dalam beberapa kondisi nyeri atau gangguan pada lambung memicu hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, ada baiknya kita mengunjungi dokter. Melakukan pemeriksaan rutin dapat membantu kita memahami kondisi sistem pencernaan kita, dan bisa menjaganya dengan lebih baik.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Artikel Terkait