Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari

 Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari

Kitapastibisa.id – Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari – Grid

Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari – Membersihkan rumah merupakan salah satu kebiasaan yang positif. Sebab dari rumah yang bersih dan rapi, merupakan salah satu sumber hidup yang sehat pula. Ruangan yang rapi, secara langsung akan berpengaruh pada aktifitas dan kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah dapur yang menjadi tempat untuk kita mempersiapkan makanan sabagai asupan nutrisi sehari-hari.

Dapur yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Luangkan 5 sampai 10 menit waktu Anda untuk merapikan dapur setelah masak. Dan lap meja makan sehabis digunakan. Agar sisa-sisa bahan makanan dan sampah bekas masak jadi tidak menumpuk. Dan menjadi sumber bakteri yang bisa mengontaminasi permukaan meja dapur. Bukan cuma permukaan meja saja yang perlu dijaga kebersihannya, melainkan juga tangan. Makanya penting sekali untuk selalu mencuci tangan serta mengelap permukaan meja dapur sebelum dan sesudah memasak.

Baca Juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi.

Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari
Kitapastibisa.id – Menjaga Dapur Bersih Dan Rapi Sepanjang Hari – Rumah

1.Mengelap tempat cuci piring setiap selesai mencuci

Baca Juga  Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian

Biasanya air akan terciprat ke mana-mana saat mencuci piring apalagi ketika banyak cucian, itulah mengapa selalu siapkan lap basah untuk membersihkan bak cuci piring setelah selesai. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun atau disinfektan untuk membersihkan segala permukaan meja dari sisa makanan, kotoran, dan kuman serta bakteri yang mungkin menempel di sana.

2. Mencuci bekas peralatan masak dan piring

Biasanya panci susah dibersihkan karena ada makanan yang lengket atau hitam karena kompor. Untuk mempermudah mencucinya, rendam sesegera mungkin setelah memasak, sebelum meninggalkannya untuk makan. Jangan lupa juga untuk mencuci piring setelah makan. Piring kotor yang menumpuk bisa ‘mengundang’ kecoak datang dan menjadi sumber kuman serta bakteri yang bisa menyebar ke seluruh rumah.

3. Selalu menaruh plastik tempat sampah

Setelah selesai membuang sampah, selalu isi kembali tempat sampah dengan plastik sehingga lebih mudah saat akan membuangnya. Sampah juga tidak berceceran.

4. Menyiapkan lap dan semprotan untuk dapur

Selalu siapkan lap dan semprotan berisi sabun pada pojok dapur sehingga setiap kali ada minyak yang tumpah atau yang lainnya, langsung bersihkan. Selalu siapkan lap kering dalam satu loker lemari, jadi bisa untuk bersihkan dapur. Jangan lupa juga untuk menaruh keset agar bisa mempermudah untuk membersihkan kaki dan tidak terpeleset ketika ada yang tumpah.

Baca Juga  Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu

5. Membuang benda-benda tak terpakai dalam kulkas.

Menyortir isi kulkas seringkali melelahkan. Jadi jika ada makanan sisa yang tak lagi dimakan atau sayur dan buah yang sudah lama, segera buang agar bisa diisi yang baru.

Selamat mencoba dan menjaga dapur rumah anda tertata rapi dan bersih.

Artikel Terkait