Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk

 Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk

kitapastibisa.id – Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk – Dekoruma

Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk – Menjadi salah satu negara beriklim tropis menjadikan Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kering dan musim penghujan. Kondisi ini juga sangat berpengaruh terhadap hunian yang membuat kita harus merasa nyaman ketika berada di rumah. Bukankah, kita akan banyak menghabiskan waktu kita bersama keluarga di sini? Sehingga penting sekali untuk menciptakan kenyamanan yang bisa membantu kita tetap merasa betah di rumah.

Rumah yang sejuk tentu menjadi idaman bagi setiap orang, apalagi jika kita tinggal di daerah perkotaan dengan situasi dan kondisi yang cukup padat serta minim ruang terbuka hijau. Berikut ini ada beberapa langkah dan tips agar hunian kita tetap terasa sejuk ketika musim panas atau musim kering.

Baca Juga: Saus Tiram, Bumbu Masak Serba Guna

  1. Pastikan siklus udara berjalan dengan baik

Jangan sampai keinginan kita untuk memiliki rumah atau hunian yang sejuk membuat kita berpikir untuk menghalangi cahaya atau panas matahari untuk masuk ke hunian kita. Eits, kamu tetap memerlukan adanya jendela kamar atau ruangan, serta bisa mengakali jendela yang berukuran cukup besar dengan tirai untuk mencegah panas yang berlebihan ketika siang hari.

  1. Kipas Angin

Untuk berhemat dan tetap bisa nyaman di rumah hunian, kita bisa menyediakan kipas angin untuk membuat kita lebih nyaman dari suhu atau cuaca yang panas.

  1. Memperhatikan isi ruangan

Dengan memberikan ruang yang cukup lengang dan tidak dipenuhi oleh barang-barang, kita bisa membuat ruangan atau rumah menjadi lebih sejuk dan rapi. Percaya atau tidak ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan kita saat di rumah. Sehingga, pilihlah barang-barang yang memang sangat perlu dan bermanfaat.

  1. Hindari penggunaan lampu pijar

Lampu merupakan satu faktor penting dalam hunian kita. Namun, beberapa lampu memiliki efek yang cukup signifikan terhadap suhu ruangan ketika ia menyala. Penggunaan lampu pijar mengonversi sekitar 90 persen dari total energi yang ada ke dalam panas saat memancar. Sehingga, dengan mengurangi penggunaan lampu pijar akan membuat perbedaan kecil dalam upaya mendinginkan rumah sambil menurunkan tagihan listrik.

  1. Meletakkan beberapa tanaman

Tanaman merupakan salah satu factor yang cukup penting untuk membuat kita merasa nyaman dan sejuk saat berada di rumah. Pilihlah tanaman yang memang cocok di dalam ruangan, dan letakkan di beberapa titik/sudut  rumah.

Baca Juga  Berolahraga, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

Artikel Terkait