Mengurangi Tingkat Stress dengan 3 Langkah Sederhana

 Mengurangi Tingkat Stress dengan 3 Langkah Sederhana

Kitapastibisa.id – Mengurangi Tingkat Stress dengan 3 Langkah Sederhana – alodokter

Mengurangi Tingkat Stress dengan 3 Langkah Sederhana – Manusia merupakan makhluk yang dibekali dengan kemampuan berpikir dan merasa. Perlu keharmonisan antara keduanya untuk mampu memiliki hati yang bahagia. Namun, faktanya kita cukup mudah untuk terkena stress. Stress merupakan salah satu bentuk respon tubuh atau pikiran terhadap situasi dan kondisi di sekitar kita yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Merasakan stress pasti pernah dialami oleh setiap orang, dan dalam porsi yang sewajarnya dan tidak dibiarkan berlarut stress juga merupakan hal yang perlu untuk menyeimbangkan sisi kehidupan kita lho. Namun, jika kita tidak segera keluar dalam kondisi yang stress ini, bisa menjadikan kita terjebak lebih dalam lagi dan dalam waktu yang berkepanjangan.

Baca Juga: Kesenian Lokal Tari Lengger Asal Banyumas

Tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress.

  1. Belajar teknik pernafasan.

Jika kamu sering mendengar kegiatan yoga dan meditasi, maka mempelajari teknik pernapasan merupakan salah satu dasar yang sangat penting dalam dua kegiatan tersebut. Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child’s pose, triangle pose, atau camel pose. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, kamu mulai mengenali dan mengatur lagi esensimu dalam bernafas. Yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada cara berfikirmu juga lho.

  1. Menulis

Sering bukan kita mendengar bahwa salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk melatih diri adalah dengan menulis. Menulis kamu juga berlatih untuk mengungkapkan perasaan yang kamu rasakan melalui tulisan. Sehingga beban dan keresahan yang menjadikan mu stress bisa perlahan tersalurkan dengan baik dan juga mendapat tempat. Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres.

  1. Menjaga asupan gula dan zat tambahan

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari jelas memberikan pengaruh pada tubuh kita. Kurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah. Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.

Baca Juga  Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

Artikel Terkait