Mengenal Reza Rahardian Dari Sudut Pandang Hanung

 Mengenal Reza Rahardian Dari Sudut Pandang Hanung

kitapastibisa.id – Mengenal Reza Rahardian Dari Sudut Pandang Hanung – NAFHAN NURUL

Siapa yang tak kenal sosok Reza Rahardian dan Hanung Bramantyo. Dua orang yang selalu memiliki sumbangsih melalui karya seninya ini memiliki hubungan yang unik. Hanung lah yang meyakinkan Reza Rahardian untuk meninggalkan peran di sinema elektronik (sinetron) dan fokus ke film layar lebar. Hanung melihat potensi yang ada dalam diri Reza Rahardian yang bisa ia kembangkan dalam film-filmnya, ketimbang berperan dalam sinetron.

Caranya, dengan memberikan tantangan pada beberapa karakter peran yang disodorkan pada Reza. Salah satunya pada beberapa film, seperti Tanda Tanya (2011), Habibie & Ainun (2012), dan The Gift (2018). Tantangan-tantangan tadi tentunya memberikan keterkejutan bagi Hanung, karena nyatanya Reza mampu melakukannya di atas espektasi/harapan yang dibutuhkan.

Hal mengejutkan Hanung adalah ketika Reza memerankan seorang anggota Banser yang menjaga gereja dalam film Tanda Tanya. Di sana ia beradu akting dengan Rio Dewanto yang berperan sebagai penduduk non-pribumi (Tionghoa). Berlatar muslim, Reza tertantang untuk mempelajari keberagaman beragama. Terutama di tengah isu rasis kaum keturunan Tionghoa.

Cerita lain datang ketika Hanung menantang Reza dalam memerankan tokoh B.J. Habibie pada film yang akan digarapnya; Habibie & Ainun (2012). Entah kenapa, Hanung mengatakan melihat gestur yang pas, bahwa bapak bangsa itu cocok diperankan oleh Reza.

Namun, justru Reza menyangsikan kemampuannya terkait tawaran itu. Setelah diyakinkan Hanung, Reza melakukan beberapa riset tentang kehidupan B.J. Habibie dan istri. Mulai dari perilaku, gestur gerak, hingga gaya bicara.

Baca Juga: Ilmuwan Asal Maluku Temukan Nitrico untuk Lawan Covid-19

Baca Juga  Sherina Fernanda, Predikat Magna Cum Laude Dari Keseimbangan Hidup

Reza Rahardian Bicarakan Soal Gestur Bicara B.J Habibie Melalui Voice Note

Pada sebuah kesempatan, Hanung takjub dengan kiriman voice note (VN) Reza soal gestur bicara B.J. Habibie yang cukup khas. Ini yang diakui Hanung kalau ia yakin Reza mampu memerankan tokoh yang berpulang pada 11 September 2019 itu.

Hanung dan Reza juga berperan membawa film ini masuk sebagai pemenang Akademi Film Indonesia (2013) dan pemenang Festival Film Indonesia (2013) pada kategori pemeran utama terbaik, penata busana terbaik, dan penulisan skenario terbaik.

Satu lagi film terakhir yang tak dilupakan Hanung atas peran Reza adalah dalam The Gift (2018). Saat itu Hanung bertanya apakah Reza bersedia menjalani peran dengan aksi berenang, tenggelam, dsb.

Tercatat keduanya cukup banyak berkolaborasi dalam sebuah film. Setidaknya ada 11 film karya Hanung yang diperankan Reza. Angka itu melintasi jumlah film Hanung yang diperankan Maudy Ayunda yang tercatat sebanyak lima film.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *