Mengenal Permainan Tradisional Congklak

 Mengenal Permainan Tradisional Congklak

Kitapastibisa.id – Mengenal Permainan Tradisional Congklak – Cirebon Pos

Mengenal Permainan Tradisional Congklak – Congklak merupakan permainan tradisional yang banyak digemari oleh anak-anak. Selain asyik untuk dimainkan, congklak juga kerap dijadikan sebagai media belajar untuk anak-anak, khususnya belajar berhitung. Sayang saat ini, permainan tradisional ini berangsur-angsur mulai ditinggalkan seiring dengan perkembangan zaman.

Permainan congklak telah lama berkembang di Asia, khususnya kawasan Melayu. Congklak pertama kali masuk dan berkembang di Indonesia dibawa oleh bangsa Arab yang datang untuk berdagang dan berdakwah. Beberapa ahli berpendapat bahwa congklak berasal dari Timur Tengah lalu menyebar ke Afrika. Hingga akhirnya berkembang ke Asia oleh pedagang Arab. Banyak ahli yang menduga bahwa permainan congklak mungkin merupakan papan permainan tertua yang pernah ada di dunia.

Congklak dimainkan 2 orang yang berhadapan menggunakan papan yang terbuat dari kayu atau plastik. Papan tersebut lengkap dengan 14 lubang kecil yang saling berhadapan dan dua lubang besar di kedua sisinya. Nantinya lubang-lubang kecil diisi 5-7 biji yang terbuat dari kerang atau biji sawo. Sedangkan lubang besar dibiarkan kosong yang nantinya menjadi gudang penyimpanan pemain.

Baca Juga  Makna Dari Falsafah Pendidikan Indonesia

Cara bermainnya sangat mudah, dua orang pemain bergantian untuk memilih satu lubang kecil miliknya untuk dipindahkan satu per satu ke lubang lainnya searah jarum jam, hingga biji yang di genggaman habis. Permainan akan berakhir ketika semua lubang kecil kosong, dan semua biji berada di lubang besar. Kemenangan ditentukan dari jumlah biji terbanyak yang berada di lubang besar masing-masing pemain.

Baca Juga: Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah

Nilai-Nilai dari Permainan Congklak

Mengenal Permainan Tradisional Congklak
Kitapastibisa.id – Mengenal Permainan Tradisional Congklak – Youtube

Begitu banyak nilai dan pelajaran dari permainan congklak. Permainan congklak dinilai dapat merangsang kemampuan berpikir menjadi lebih terasah. Karena dalam bermain congklak mengajarkan untuk mengatur strategi agar bisa memenangkan permainan. Selain mengasah otak, bermain congklak juga dapat mengajarkan nilai kejujuran untuk tidak belaku curang dalam permainan. Bermain congklak juga melatih kesabaran, karena pemain membiasakan untuk sabar menunggu gilirannya bermain.

Pada papan Congklak, terdapat tujuh lubang kecil yang saling berhadapan yang masing-masing lubang diisi dengan tujuh biji. Hal ini melambangkan setiap orang memiliki waktu yang sama dalam setiap minggu, yaitu tujuh hari. Sedangkan ketika biji Congklak diambil dan diisi ke setiap lubang yang berbeda, mengandung nilai bahwa apayang dilakukan setiap hari akan berpengaruh pada hari-hari berikutnya. Kemudian ketika biji diambil, menyiratkan bahwa kehidupan harus memberi dan menerima. Dan saat satu demi satu lubang yang diisi juga menunjukkan bahwa kita harus menyimpan atau menabung setiap hari untuk hari berikutnya.

Baca Juga  Kapal Pinisi, Karya Tangan Asli Dari Sulawesi

Dalam permainan ini, diperlukan teknik yang baik agar biji milik kita tidak diambil lawan. Pelajarannya adalah bahwa dalam hidup pasti memiliki pesaing, tapi itu tidak berarti harus menjadi musuh. Pemenangnya adalah yang mungkin memiliki varietas biji terbanyak di dalam gudang. Tujuannya adalah bahwa mereka yang berkembang menjadi pemenang atau mereka yang berhasil adalah mereka yang mungkin memiliki perbuatan paling baik.

Artikel Terkait