Mengenal Makanan Pokok di Indonesia

 Mengenal Makanan Pokok di Indonesia

kitapastibisa.id – Mengenal Makanan Pokok di Indonesia – Diadona

Makanan yang mengadung sumber gizi dasar atau biasa dikenal dengan Makanan pokok. Makanan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk mencukupkan kebutuhan gizi harian seseorang. Perbedaan kebudayaan dan lingkungan di Indonesia, menjadi salah satu faktor pendukung beragamnya jenis makanan pokok yang menjadi bahan pangan konsumsi harian masyarakatnya.

Baca Juga: Es Krim Viennetta, Nostalgia Kenangan Manis

  1. Nasi

Nasi yang berasal dari tanaman padi dikenal sebagai makanan pokok yang paling banyak di konsumsi di Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bila tidak makan nasi rasanya seperti belum makan atau masih belum kenyang. Padahal sebelumnya sudah makan banyak makanan lain. Walaupun sedikit bertentangan dengan pola hidup sehat yang menganjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 180-280 gram saja, namun karena memakan nasi sudah menjadi kebiasaan turun termurun, hal ini tentu tidak dapat diubah begitu saja. Ditambah lagi dengan faktor bahwa profesi petani beras adalah salah satu dari mata pencaharian yang paling banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia.

  1. Sagu

Sagu merupakan tepung yang diambil sari pati olahan batang pohon sagu atau biasa dikenal dengan rumbia dari sudah menjadi makanan pokok Indonesia terutama di Maluku dan Papua. Sagu biasanya cocok dikonsumsi oleh orang orang yang menderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sagu rendah kandungan vitamin lainnya. Konsumsi sagu  yang telah diolah menjadi papeda dan berbentuk seperti lem, karena mempunyai rasa yang hambar biasanya proses penyajiannya hampir sama dengan konsumsi nasi yang dimakan dengan lauk pauk lainnya.

  1. Jagung

Jagung mungkin merupakan salah satu makanan pokok Indonesia paling populer setelah nasi. Jagung terkenal sebagai makanan pokok di daerah Madura, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Jawa Tengah. Jagung sangat kaya akan vitamin dan mengandung karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. Jagung juga mengandung zink, fosfor, dan kalsium yang cukup tinggi, yang bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol. Biasanya jagung diolah menjadi nasi jagung dan disajikan dengan lauk lainnya yang sering dimakan bersama nasi putih, salah satu lauk khas lainnya yang sering dimakan bersama nasi jagung adalah rempeyek khas masyarakat Jawa Timur yaitu Iwa Peyek.

  1. Singkong

Singkong juga banyak dikonsumsi menjadi makanan pokok Indonesia oleh masyarakat. Singkong utuh memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga cocok dijadikam makanan pokok indonesia pengganti nasi. Singkong sangat baik dikonsumsi oleh orang orang yang sedang menjalankan program diet, karena tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol. Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang bisa dibuat jadi berbagai macam olahan seperti singkong rebus, singkong goreng, singkong bakar, atau nasi singkong.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat tinggi, juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian. Rasanya yang lebih manis menjadikan ubi jalar memiliki rasa yang khas dari makanan pokok Indonesia pengganti nasi lainnya. Ubi Jalar biasanya diolah dengan cara dibakar ataupun direbus. Biasanya ubi jalar banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Papua dan Maluku. Bagi penduduk Papua Ubi jalar nantinya diolah dengan cara bakar batu yang khas.

Baca Juga  Nastar Kue Ikonik Dalam Setiap Momen Spesial

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *