Mengenal Dismenore, Sindrom Nyeri Saat Datang Bulan

 Mengenal Dismenore, Sindrom Nyeri Saat Datang Bulan

Kitapastibisa.id – Mengenal Dismenore, Sindrom Nyeri Saat Datang Bulan – Halodoc

Mengenal Dismenore, Sindrom Nyeri Saat Datang Bulan – Dismenore merupakan keluhan kram yang dialami oleh sebagian besar wanita saat sedang haid atau menstruasi. Nyeri ini umumnya dirasakan pada perut bagian bawah, yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi setiap bulan dan tidak perlu dikhawatirkan, karena merupakan proses yang terjadi secara alami di rahim wanita.

Pada sebagian wanita, Dismenore merupakan salah satu masalah terkait haid yang paling umum dikeluhkan. Mulai dari yang bersifat ringan, namun adapula yang sampai berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejalanya pun dapat bervariasi pada setiap wanita. Namun secara umum, tanda dan gejala paling sering ditemui adalah Kram atau nyeri di perut bagian bawah yang bisa menyebar sampai ke punggung bawah, dan paha bagian dalam. Yang mana biasanya muncul 1-2 hari sebelum menstruasi atau pada awal-awal menstruasi. Namun sering pula beberapa wanita, juga mengalami beberapa gejala lain seperti Perut kembung, Diare, Sakit kepala, Pusing bahkan Lemah, lesu, dan tidak bertenaga.

Baca Juga  Menjaga Kondisi Lemari Agar Tetap Bersih dan Wangi

Pada umumnya, Dismenore disebabkan oleh kontraksi halus pada otot dinding rahim menjadi makin kencang saat peluruhan dinding rahim. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Selain itu peningkatan dari prostaglandin, pada lapisan dari Rahim juga memicu kontraksi yang menimbulkan keluhan nyeri. Prostaglandin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh wanita dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan saat menstruasi seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala.

Baca Juga: Sultan Baabullah, Pribumi Perkasa Pengusir Penjajah

Mengatasi Keluhan Dismenore

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri ini, pertama cobalah untuk berbaring dan tenangkan pikiran. Kompres hangat pada bagian atas perut untuk mengurangi nyeri perut dan perlahan pijat punggung bawah dan perut. Siapkan juga secangkir teh hangat untuk membuat anda merasa lebih nyaman.

Wanita juga perlu berolahraga teratur untuk mengurangi nyeri menstruasi. Untuk membantu mencegah keram, lakukan dengan rutin setiap minggu. Salah satunya dengan yoga yang dapat membantu mengurangi stres yang dapat meningkatkan risiko kram dan nyeri.

Baca Juga  Filosofi Mangan Ora Mangan Sing Penting Kumpul

Jangan lupa juga untuk selalu istirahatlah dengan cukup selama periode menstruasi. Serta menghindari makanan yang mengandung kafein dan garam. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin B1, vitamin B6, asam lemak omega-3 dan magnesium.

Artikel Terkait