Mengelola Emosi Untuk Jiwa yang Sehat

 Mengelola Emosi Untuk Jiwa yang Sehat

Kitapastibisa.id – Mengelola Emosi Untuk Jiwa yang Sehat – Buset Online

 Mengelola Emosi Untuk Jiwa yang Sehat -Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki akal, pikiran, serta rasa. Hal inilah yang membuat manusia sebagai makhluk sosial dan saling bertanggung jawab atas hubungan emosional yang terjalin dengan lingkungan sekitar dan orang-orang terdekatnya.

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Ini merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi ini muncul ketika seseorang merasa senang, marah ataupun takut. Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Namun tak selamanya emosi merupakan sebuah hal yang positif, adakalanya dan merupakan suatu kewajaran jika manusia memiliki emosi negatif. Maka dari itu penting untuk bisa mengelola emosi diri.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Jus Sayuran Bagi Tubuh

  1. Menerima dan Memahami kehadiran emosi

Setiap orang pasti memiliki emosi yang bisa berkembang dengan baik dan maksimal, maupun yang belum. Hal-hal yang berada di sekitar orang tersebut akan sangat mempengaruhi perkembangan kematangan emosi setiap orang lho. Sehingga, kita perlu benar-benar memahami bahwa kehadiran emosi dalam bentuk-bentuk tersebutmerupakan sebuah kewajaran. Perlu meyakini bahwa merasakan emosi positif dan negatif adalah bagian dari perjalanan kehidupan manusia. Jika kita sudah berada dalam pemahaman ini, maka kita seharusnya bisa lebih terbuka dan lapang terhadap kemungkinan emosi berikutnya yang mungkin muncul.

  1. Mengenal Kebutuhan Diri Sendiri

Keunikan manusia menjadikannya sangat beragam, baik dalam pemenuhan emosi maupun secara fisik dan kebutuhan. Sehingga, kitalah yang senantiasa bertanggung jawab untuk terus belajar dan memahami kebutuhan diri sendiri. Perjalanan ini tentu saja bukan hal yang singkat, namun adanya kesadaran untuk bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Sehingga akan membuat kita mau belajar, memperbaikim, dan bertumbuh atas setiap kejadian dan pilihan hidup kita. Kita akan mampu mengenali apa yang kita butuhkan dan tidak membuang energi pada apa-apa yang tidak cocok bagi pertumbuahan jiwa dan emosi kita.

  1. Berlatih Menyendiri

Sepi dan menyendiri tidak selalu menjadi hal jelek lho. Justru, kita akan lebih tenang dan rileks untuk berpikir ketika sendirian. Hal ini dapat kita lakukan dengan suasana yang nyaman untuk kita. Jadi, istilah “me time” memang selalu menjadi kebutuhan untuk mengisi kehadiran.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Percaya atau tidak, tubuh, pikiran, dan emosi yang sehat selalu didukung oleh konsumsi makanan dan nutrisi yang cukup. Makan sayur, buah, dan kebutuhan lainnya akan sangat membantu kesehatan fisik dan berpengaruh pada kondisi jiwa serta pikiran kita. Jika kamu sudah bisa melakukannya, maka sekitarmu juga akan menjadi lingkungan yang baik untuk berkehidupan.

Baca Juga  Menyikapi Pujian Agar Tidak Terlena

Artikel Terkait