Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar

 Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar

Kitapastibisa.id – Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar – Suara

Memiliki pori-pori wajah yang besar adalah salah satu masalah wajah yang banyak dialami oleh pria dan wanita. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh jenis kulit wajah. Pada kulit yang berminyak, pori-pori akan cenderung terlihat besar dibandingkan pada yang memiliki kulit kering.

Banyak masalah wajah yang dapat timbul akibat pori-pori wajah yang membesar. Pori-pori yang terbuka, tersumbat, dan membesar dapat menimbulkan masalah jerawat dan komedo.

Pada dasarnya, ukuran pori-pori wajah seseorang ditentukan secara genetik. Ada yang terlahir dengan ukuran pori-pori yang kecil ataupun besar dan tentunya hal tersebut tidak dapat diubah. Namun, bila terjadi akibat faktor kurangnya kepedulian akan kebersihan kulit, gaya hidup yang buruk, atau paparan sinar matahari berlebih yang akan mengakibatkan terperangkapnya sebum dan sel-sel kulit mati, maka kondisi ini dapat diatasi.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Kantung Mata

Perawatan sederhana yang dapat menyamarkan pori-pori.

Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar
Kitapastibisa.id – Mengatasi Pori-pori yang Terlihat Besar – KanalAceh
  1. Rutin mencuci wajah

Perawatan dasar yang dapat diterapkan adalah dengan rutin mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore setelah beraktivitas. Cukup menggunakan air bersih, kemudian biarkan air mengering dan menyerap ke dalam kulit.

  1. Melakukan eksfoliasi secara teratur

Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak. Gunakan produk yang memiliki scrub yang halus agar tidak merusak lapisan kulit. Bila lebih menyukai cara alami, maka cukup lakukan dirumah dengan menggunakan 2 bahan, yaitu kopi dan susu. Namun, jangan terlalu sering melakukan scrub karena dapat merusak kulit.

  1. Kompres dengan es batu

Mengompres wajah menggunakan es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori. Cukup dengan menyiapkan es batu dibalut dengan handuk kecil, kemudian usapkan pada wahaj selama 15 menit.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat menjaga wajah dari kerusakan. Caranya dengan mencampurkan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt madu. Kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan tunggu hingga 15 menit.

  1. Menggunakan teh hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat membantu regenerasi pada kulit. Siapkan 1 sdt bubuk teh hijau dan air. Campurkan bahan tersebut hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker dan daimkan hingga mengering lalu bilas.

  1. Menggunakan air beras

Mengecilkan pori-pori juga dapat dilakukan dengan menggunakan air beras. Air beras mengandung ferullic dan allantoin. Ambil bekas cucian air beras yang pertama kemudian diamkan hingga mengendap. Aplikasikan endapan beras pada wajah selama 15-20 menit.

Baca Juga  Tips Untuk Mencerahkan Kulit Yang Kusam

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *