Mengatasi Lemari Berjamur Dengan Cara Alami

 Mengatasi Lemari Berjamur Dengan Cara Alami

Mengatasi Lemari Berjamur Dengan Cara Alami

Mengatasi Lemari Berjamur Dengan Cara Alami – Lemari berbahan kayu cenderung lebih mudah berjamur. Jamur biasanya muncul pada lemari kayu karena kondisi yang terlalu lembap. Jamur yang terdapat pada lemari dapat merusak kualitas barang-barang yang disimpan di dalamnya seperti pakaian, perabotan, atau bahkan makanan.

Lemari biasanya tetap dihinggapi jamur, walaupun sebelumnya telah dibersihkan. Sebab jamur tersebut telah tumbuh dan berakar pada serat-serat kayu lemari. Maka cobalah cara ini berguna untuk mematikan jamur dan mencegahnya datang kembali. Ada beberapa cara mengatasi lemari berjamur secara alami dan mencegah jamur datang kembali.

Baca Juga: Cara Tepat Menghemat Uang Belanja Bulanan

Cara Mengatasi Lemari Berjamur

1. Air dan Cuka

Penggunaan air untuk campuran larutan cuka diperlukan agar jamur dapat hilang dan mencegahnya untuk datang kembali. Cara penggunaannya cukup mudah, dengan mengusapkan larutan air dan cuka ke bagian lemari yang berjamur. Kemudian keringkan dengan kain bersih yang kering. Namun, kamuperlu hati-hati dalam menggunakannya, sebab cara ini dapat memudarkan warna asli lemari.

Baca Juga  Merawat Sepatu Kesayanganmu dengan Langkah Mudah

2. Jeruk Nipis dan Garam

Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk larutan. Kemudian jadikan larutan dari perasan jeruk nipis dan garam dapur tersebut untuk menggosok bagian lemari yang berjamur. Gunakan sikat gigi bekas yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air jeruk nipis dan garam, kemudian gosok pada bagian lemari yang berjamur.

3. Mengoleskan Alkohol pada Sisi Lemari

Oleskan alkohol pada sisi-sisi lemari. Namun sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu untuk menghilangkan jamur yang ada di lemari menggunakan lap kering. Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan alkohol ke seluruh sisi lemari yang berjamur. Alkohol berfungsi untuk membasmi jamur dan mencegah jamur kembali tumbuh pada lemai kayu.

4. Menggunakan Alas Dalam Lemari

Lapisi bagian dalam lemari yang telah dibersihkan dari jamur yang menempel dengan Koran atau plastik bening. Penggunaan alas dari Koran atau plastik dapat mencegah pertumbuhan jamur secara efektif. Karena dengan adanya alas tersebut dapat mencegah kayu lemari bersentuhan langsung dengan barang-barang yang berpotensi menimbulkan jamur. Pastikan untuk selalu mengganti alas tersebut dalam beberapa waktu untuk memastikan bahwa bagian dalam lemari tetap bersih.

Baca Juga  Mencari Pekerjaan baru disaat masih Bekerja

5. Meletakkan Kamper Dalam Lemari

Letakkan kamper atau kapur barus dalam lemari, sebab kamper juga bisa mencgah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu. Pertama-tama berbersihkan terlebih dahulu jamur yang ada dalam lemari. Kemudian letakkan kamper ke dalam lemari. Sebelumnya, lapisilah kamper sebelum memasukkannya ke dalam lemari pakaian atau makanan.

Artikel Terkait