Mengatasi Burn Out saat WFH

 Mengatasi Burn Out saat WFH

kitapastibisa.id – Mengatasi Burn Out saat WFH

Burn out adalah kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan yang datang terus-menerus hingga terkumpul dan besar. Burn out bisa muncul karena beban kerja terlalu besar, tekanan finansial, tekanan dari rekan kerja dan lain-lain. Terdapat beberapa tanda apabila kamu mengalami burn out seperti sering mengalami sakit, malas bekerja, sulit tidur serta terus-menerus memikirkan pekerjaan, namun tidak bisa melakukannya.

Bekerja di rumah terkadang terasa lebih efektif karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan ke kantor, minim gangguan, dan tidak perlu khawatir soal makanan. Namun, tentu ada kekurangan dalam bekerja di rumah. Ia sering kali kesepian, cenderung menunda-nunda pekerjaan, dan sering kali karena terlalu banyak beristirahat maka harus bekerja lebih keras. Seperti halnya tidak merasakan waktu berjalan karena fokus bekerja, karena tempat bekerja dan beristirahat sama, perasaan harus memberi lebih dan menunjukkan produktivitas, sehingga waktu istirahat terganggu, tidak ada garis batas antara kehidupan profesional dan personal. Maka dari itu, saat WFH atau Bekerja di rumah orang menjadi rentan mengalami burn out.

Baca Juga  Kisah Sahabat Nabi yang Masih Hidup Hingga Kini

Untuk mengantisipasinya, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan:

Baca Juga: Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia?

  1. Rileks

Kesehatan mental saat bekerja bisa didapatkan dengan melupakan tanggung jawab pekerjaan untuk sementara di luar jam kerja. Burn out saat WFH bisa muncul saat stres kerjamu tidak dilepas seharian. Jadi, lupakan tanggung jawab pekerjaanmu saat sedang beristirahat.

  1. Mengambil jeda istirahat

Saat jam kerja, di antara banyak tugas, kamu bisa mengambil sedikit jeda selama beberapa menit untuk bernapas. Hal ini dapat membuat badan dan pikiranmu rileks sejenak. Jangan gunakan jeda ini untuk mengecek email, atau menggunakan media sosial. Kedua hal itu juga bisa memicu stres lain, dan akan membuatmu merasa makin tertekan.

  1. Lakukan hal lainnya

Setelah kamu selesai bekerja, jangan merasa perlu untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Lakukanlah hal yang kamu senangi: menonton video YouTube, menonton drama, atau membaca buku. Kamu juga bisa menelepon teman-temanmu di luar teman kerja. Beberapa orang malah dapat merasa senang ketika berolahraga setelah bekerja. Intinya, isi waktu ini untuk melakukan aktivitas apapun yang dapat membuatmu jauh dari pekerjaan untuk sementara waktu.

  1. Ambil cuti dan istirahat

Kalau kamu sudah terlanjur mengalami burn out saat WFH, apa langkah yang harus diambil adalah beristiharat sejenak dari rutinitas kantor, sambil mengisi waktu luang bisa dilakukan bercerita pada seseorang yang mungkin akan membuatmu lega. Bisa juga dengan mencari aktivitas selain bekerja untuk menyalurkan stres. Dan jangan lupa untuk selalu mengatur jadwal tidur, olahraga, dan makan makanan bergizi.

Baca Juga  Salah Memilih Foundation, Hati-hati Belang!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *