Mengahadapi Anak yang Susah Makan

 Mengahadapi Anak yang Susah Makan

Kitapastibisa.id -Mengahadapi Anak yang Susah Makan – Morinaga

Mengahadapi Anak yang Susah Makan – Anak-anak seringkali terlibat atau mengalami fase di mana mereka akan susah sekali untuk makan. Biasanya, hal ini akan membuat semua orang tua pusing. Berbagai cara sudah dicoba untuk dapat mengakali dan menyelesaikan permasalahan ini, namun seringkali orang tua justru akan cenderung memaksakan kehendaknya pada anak.

Baca Juga: Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran

  1. Jangan Memaksa anak

Sebagai orang tua kita pasti sangat cemas apabila melihat anak kita sedang tidak nafsu makan. Kita secara otomatis akan merasa sangat khawatir terhadap kondisi dan asupan dalam diri anak kita. Nah, hal ini jika tidak kita tangani dengan benar akan membuat kita menjadi cemas berlebihan dan tidak jarang berujung pada tindakan pemaksaan terhadap anak itu sendiri.

  1. Berkomunikasi dengan anak

Komunikasi sangat dibutuhkan terhadap pola asuh anak. Anak dan orang tua perlu menjaga hal ini dalam berbagai kondisi, pun tidak terkecuali saat makan. Walaupun mungkin anak belum sepenuhnya mengerti apa yang disampaikan oleh orang tua, tetapi ada baiknya kita terus berkomunikasi mengenai pentingnya makan, dan disiplin terhadap jam makan. Anak juga perlu peka terhadap kebutuhan makannnya sendiri. Anak perlu mengenali kapan ia merasa lapar, kenyang, dan cukup. Hal ini akan terlatih jika anak dan orang tua bisa bekerja sama. Tentu saja, hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai, namun sangat penting untuk bekal tumbuh kembang anak di kemudian hari lho.

  1. Siapkan menu yang mencuri perhatian anak

Keberagaman menu dan tampilan warna makanan, tentu patut dicoba untuk menambah nafsu makan. Anak juga bisa menjadi tertarik dan lahap makan karena ada sesuatu yang menarik perhatiannya. Bisa jadi dari bentuknya, warna makanan, tampilan, dan juga rasa. Hal ini juga menjadi media dan pembelajaran bagi anak untuk mengenali tekstur, bentuk, dan warna lho. Sehingga waktu makan merupakan waktu yang ditunggu karena bisa berkenalan dan mencoba hal baru.

  1. Menyiapkan makanan dalam porsi kecil

Menyiapkan makanan dalam porsi kecil merupakan hal yang bisa kita lakukan jika anak dalam kondisi malas makan. Hal ini, agar membuat si kecil mau mencicipi makanan dan tidak ada tendensi untuk memaksanya makan dalam jumlah tertentu. Hal ini juga akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak bahwa ia tidak dibebankan untuk menghabiskan makanan dalam porsi yang banyak.

Baca Juga  Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *