Menembus Keterbatasan Bersama Wiro Hamjen

 Menembus Keterbatasan Bersama Wiro Hamjen

kitapastibisa.id – Menembus Keterbatasan Bersama Wiro Hamjen – About.me

Keterbatasan karena buta warna tidak membuatnya putus asa. Justru, itu semakin memacu Wiro Hamjen dalam berkarya, dan akhirnya bisa memasarkan produknya secara global. Wiro Hamjen awalnya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan seni. Dulunya ia mempelajari fisika teoritik dan bekerja sebagai konsultan pre-sales di salah satu perusahaan elektronik ternama. Namun karena memiliki passion dalam menggambar, ia lebih memutuskan untuk berkarya.

Wiro belajar menggambar dengan otodidak sedari kecil. Lahir dari keluarga sederhana di daerah yang jauh dari kota (sekitar 4 jam dari Pontianak), ia kesulitan mencari hiburan atau rekreasi. Keterbatasan uang dan akses juga membuat Wiro kecil tidak bisa membeli mainan.

Baca Juga: Sutami, Sosok Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto

Sudah Mulai Menggambar dengan Warna Hitam Putih Sejak Usia 6 Tahun

 “Saat memasuki usia 6 tahun di SD, lagi populer Tamiya, Digimon, dan Ninja turtles. Jadi, saya berpikir bagaimana caranya agar bisa bermain tanpa mengeluarkan uang. Dari sana, saya mulai belajar gambar. Setiap melihat action figure yang saya suka, saya coba gambar,” tuturnya,

Baca Juga  Nanda Mei Sholihah, Atlet Difabel Yang Kaya Prestasi

“Pada awalnya, gambar saya selalu hitam-putih, tidak berani untuk memainkan warna. Saya mencoba melukis pemandangan, ternyata langit yang saya gambar, bukan warna langit yang sebenarnya pada sore hari,” imbuhnya.

Lalu dengan motto dari bahasa asing yang dianutnya, Wiro memutuskan untuk pantang menyerah, dan mencari cara untuk mewarnai karyanya dengan teknologi picker di aplikasi yang ia gunakan. Pada akhirnya, ia mulai kembali berkreasi dengan warna.

Motto yang dianut Wiro adalah ‘Aut Viam Inveniam Aut Faciam’, yang berarti ‘Either I find a way or I make one’.

“Setiap kita bertemu masalah, kita pasti mencari cara untuk mengatasinya. Ketika tidak ada solusi yang tersedia, ciptakan sendiri solusinya,” ungkapnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *