Mencari Pekerjaan baru disaat masih Bekerja

 Mencari Pekerjaan baru disaat masih Bekerja

Kitapastibisa.id – Mencari Pekerjaan baru disaat masih Bekerja – Glints

Mencari Pekerjaan baru disaat masih Bekerja – Kala pekerjaan mulai terasa tidak memberikan kesempatan untuk berkembang dan memiliki karier jangka panjang, adakalanya seseorang mulai berpikir untuk mencari pekerjaan baru. Akan tetapi saat sudah bekerja mencarj pekerjaan baru cenderung menjadi hal yang sulit. Sebab Anda mungkin cenderung memiliki banyak pertimbangan dengan pekerjaan sekarang yang terasa lebih aman dan fleksibel, maka akan sulit untuk menemukan tawaran terbaik. Disatu sisi Anda tetap harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dijalani.

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah dengan mulai membuat rencana karier jangka pendek dan jangka panjang. Pikirkan posisi saat ini dan posisi yang diinginkan dalam pekerjaan baru. Jawabannya mungkin akan menentukan apakah harus bertahan atau mengambil langkah yang berbeda. Tentukan kekuatan, kelemahan, dan keahlian agar dapat lebih memahami diri sendiri dan melihat arah karier yang diinginkan. Selanjutnya, mulailah menetukan jenis pekerjaan yang diinginkan. Ini bergantung pada jenis pekerjaan yang disenangi dan sesuai dengan keahlian. Selain gaji dan tunjangan, pekerjaan juga mendatangkan kesempatan untuk mempelajari keahlian baru dan mencoba tantangan baru. Jangan terlalu khawatir jika keahlian atau pengalaman yang dimiliki tidak benar-benar sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan melainkan pahamilah posisi yang tersedia dan diminati. Mulailah juga untuk memperbarui CV dengan memasukkan pekerjaan saat ini dan keahlian yang didapatkan dari pekerjaan tersebut.

Baca Juga  Cara Merawat Buku Agar Terbebas Jamur

Baca Juga: Melindungi Diri dari Covid-19 Di Tempat Kerja

Mulai Mengirimkan Lamaran yang Sesuai dan Relevan

Jika telah melakukan persiapan sebelumnya, mulailah dengan mengirimkan lamaran yang dibuat khusus untuk posisi yang dituju, dan lakukan penyesuaian yang relevan untuk pekerjaan tertentu. Cari iklan lowongan yang sesuai keahlian dan kualifikasi dan kirim CV terbaru serta surat lamaran untuk memulai. Selain dari iklan mencari pekerjaan juga bisa melalui jaringan dengan orang lain seperti dari kenalan. Kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan untum menjalin koneksi baru demi menciptakan peluang yang lebih besar. Sebab Jaringan adalah cara tercepat untuk mendapatkan wawancara. Rutinlah untuk selalu mengecek surel dan nomor telepon pribadi apakah ada info terkait lamaran yang sudah dikirimkan. Paling tidak ceklah sehari sekali dan usahakan tidak mengecek apa pun selama bekerja. Ingat untuk selalu profesional dengan pekerjaan yang dijalani.

Jika sudah mendapatkan panggilan untuk melakukan tahap wawancara, maka mulailah mempersiapkan dengan membaca informasi tentang perusahaan dan tanggung jawab posisi baru. Susunlah jawaban dasar seperti keahlian yang dimiliki dan jangan lupa untuk selalu tampil profesional. Jadwalkan wawancara di luar jam kerja biasa, jika memungkinkan.  Beri alasan bagus mengapa ingin keluar dari pekerjaan sekarang. Katakan saja bahwa Anda ingin bergabung dengan perusahaan yang menghargai keahlian  dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Anda boleh mengatakan ingin tantangan baru untuk berkembang. Usahakan mengemukakan poin positif pekerjaan saat ini supaya tidak terkesan suram dan hindari kritik tajam tentang pekerjaan saat ini. Pewawancara menghadapi banyak kandidat potensial yang bicara dengan cepat dan terlalu bersemangat. Jadi fokuslah pada pekerjaan yang dituju, bukan pada pekerjaan yang akan ditinggalkan.

Baca Juga  Film Thailand yang Membuatmu Tertawa dan Menangis Bersamaan

Tetaplah tenang dan kuasai diri selama wawancara. Kendalikan diri supaya bisa menjalani wawancara dengan lancar, bersikaplah dengan ramah dan jawab pertanyaan sebaik-baiknya. Itu akan memperbesar kemungkinan Anda diterima. Ingatlah pula untuk tindak lanjut setelah wawancara dengan mengjubungi pewawancara untuk mengucapkan terima kasih dan menanyakan perkembangan terbaru. Bertahan di posisi saat ini selama pencarian kerja tidak hanya aman secara finansial, tetapi juga terlihat bagus pada CV. Jika masih bekerja, akan memberikan kesan sebagai kandidat yang bagus. Salah satu bagian paling penting dalam pencarian kerja adalah profesionalitas. Atasan-atasan sebelumnya bisa jadi referensi terbaik atau musuh terburuk, tergantung bagaimana Anda meninggalkan perusahaan mereka.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *