Mempersiapkan Diri Selama Musim Pancaroba

 Mempersiapkan Diri Selama Musim Pancaroba

Kitapastibisa.id – Mempersiapkan Diri Selama Musim Pancaroba – Tribun

Indonesia sebagai negara yang memiliki dua musim. Yakni musim kemarau dan musim penghujan memiliki masa transisi yang biasa kita sebut sebagai masa pancaroba. Pancaroba merupakans masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Dalam pranata mangsa yang dikenal di Pulau Jawa, pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau. Biasa terjadi pada bulan Maret dan April yang disebut sebagai mangsa (musim) marèng. Sementara pancaroba antara musim kemarau dan musim penghujan yang biasa terjadi pada bulan Oktober hingga Desember disebut mangsa labuh.

Pada peralihan musim seperti ini biasanya ditandai dengan dengan frekuensi badai yang meningkat, hujan yang sangat deras/lebat yang disertai petir, guntur dan angin kencang. Kondisi cuaca yang seperti ini sangat berpengaruh kepada kondisi kesehatan badan kita. Biasanya, kita akan cenderung rentan terkena flu, batuk, pilek, dan radang akibat perubahan cuaca yang sangat beragam. Walaupun kita tidak ingin terkena imbas dari perubahan musim ini, namun ada baiknya kita bisa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga  Misteri dari Fenomena Terjadinya DeJa Vu

Baca Juga: Bahaya Membaca Di Tempat Gelap

Tips menghadapi musim pancaroba.

  1. Pola Konsumsi dan Asupan Tubuh

Kesehatan tubuh kita sangat berpengaruh pada apa yang kita konsumsi bukan, sehingga gaya hidup sehat yang sangat berfokus pada makanan menjadi sebuah gaya hidup yang sangat wajib diterapkan. Eits, bukan berarti kita tidak boleh jajan juga lho, tetapi ada baiknya mengenal kebutuhan tubuh dan konsumsi seimbang dan secukupnya. Terutama makanan utuh, sayur, dan buah.

  1. Rajin Mengonsumsi Rempah

Rempah dan empon-empon sudah menjadi salah satu ciri khas nusantara. Khasiatnya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga akan sangat membantu apabila kita rajin mengonsumsi rempah dalam berbagai bentuk seperti makanan dan minuman yang kita olah sendiri.

  1. Minum Air Putih

Konsumsi air putih juga harus kita cukupi agar badan tetap dalam kondisi prima lho. Sehingga, kita sangat perlu mengatur dan memastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan.

  1. Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh selalu dituntut untuk tampil sehat dan bugar. Tentu saja cukup istirahat dan meminimalisir begadang juga menjadi sebuah cara untuk tetap sehat di segala macam kondisi cuaca, termasuk di masa pancaroba ini.

Baca Juga  Yuk Menjaga Kesehatan Dengan Tips Berikut

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *