Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred

 Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred

Kitapastibisa.id – Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred – Japanesestation

Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred –¬†Pernahkah Anda membenci diri sendiri karena suatu hal? Entah sebab bentuk tubuh yang tidak ideal, kesalahan masa lalu, atau tidak puas dengan keadaan saat ini. Jika iya, boleh jadi Anda mengalami self-hatred. Kondisi ini membuat penderitanya membenci dirinya sendiri.

Self-loathing atau membenci diri sendiri dapat muncul oleh berbagai sebab. Boleh jadi karena tidak bisa memenuhi standar masyarakat atau hal-hal ideal yang ada. Ini dicirikan dengan sifat suka mencela diri, mencari kesalahan diri, dan tidak menghargai diri.

Seseorang dengan self-hatred tidak punya kemampuan untuk mengenali dirinya sendiri. Ia tenggelam dalam emosi negatif seperti merasa tidak berguna, bodoh, gagal, dan tidak berharga. Kebencian tersebut berakibat buruk pada kesehatan mental seseorang. Itu bisa menurunkan kepercayaan diri, cemas sendiri berkepanjangan, bahkan depresi.

Baca Juga: Benarkah Memuntahkan Air Minum Mencegah Kelelahan Saat Olahraga?

Ciri-ciri seseorang yang mengalami self-hatred.

Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred
Kitapastibisa.id – Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred – Pulse.ng

1. Tidak bisa menerima kondisi diri

Boleh jadi ini digambarkan dengan rasa takut akan kegagalan. Ia selalu merasa dirinya tidak pantas dan tidak mampu meraih hal-hal besar. Ia melihat dirinya sebagai sosok yang gagal dan tidak punya pencapaian. Hal ini mendorong dirinya semakin tenggelam dalam self-hatred. Hal ini bisa digambarkan dengan diri perilaku membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Baca Juga  Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

2. Meminta maaf atas kesalahan kecil

Jangan anggap remeh jika diri senang meminta maaf atas kesalahan kecil. Faktanya, manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Perilaku meminta maaf atas kesalahan kecil menunjukkan seseorang memiliki rendahnya kepercayaan diri. Boleh jadi, ia merasa dirinya selalu salah dan gagal sehingga tidak kapabel melakukan apa-apa.

Hal tersebut menjadi salah satu ciri-ciri orang yang mengalami self-hatred. Ia menganggap dirinya tidak pantas, lantas selalu meminta maaf bahkan dalam kesalahan yang kecil. Ia tidak menghargai kapasitas dirinya sendiri.

3. Takut jatuh cinta

Hal ini menjadi suatu hal yang sangat lazim terjadi. Patah hati dan putus cinta kerap meninggalkan luka. Tak sedikit dari luka tersebut yang kemudian membuat seseorang merasa gagal dalam hidupnya. Ini membuat dirinya takut untuk jatuh cinta lagi.

Sebenarnya yang ia takutkan adalah bukan jatuh cintanya, melainkan gagal dalam hubungan tersebut. Bagi orang yang mengalami self-hatred, bukan hanya gagal yang ia takuti. Ia merasa dirinya tidak layak bagi siapapun sehingga ia tidak berani untuk jatuh cinta. Ia tidak mampu menerima kelemahan dalam dirinya yang ia tutup-tutupi. Jika ia tidak bisa menerima dirinya sendiri, maka ia berpikir tidak ada orang yang mampu menerimanya.

Baca Juga  Hukum Memakan Daging Tupai, Halal atau Haram?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *