Membangun Indonesia dari Papua, Sebuah Cita-Cita Billy Membrasar

 Membangun Indonesia dari Papua, Sebuah Cita-Cita Billy Membrasar

kitapastibisa.id – Membangun Indonesia dari Papua, Sebuah Cita-Cita Billy Membrasar – ANTARA/Wahyu Putro A

Membangun Indonesia dari Papua, Sebuah Cita-Cita Billy Membrasar – Gracia Billy Yosaphat Y Membrasar atau yang biasa disapa Billy Mambrasar mungkin tidak pernah menyangka sebelumnya, bahwa pada usianya yang masih sangat muda, 31 tahun akan menjadi staff khusus presiden.  Pemuda yang lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua ini memiliki sebuah Yayasan yang ia bangun Bersama beberapa temannya. Yayasan yang diberi nama Kitong Bisa yang berdiri tahun 2009 ini berfokus pada pendidikan khususnya di Papua dan Papua Barat. Selain itu Yayasan ini juga menyediakan akses pendidikan, keterampilan, serta pelatihan. Hal ini ia lakukan mengingat perjalanannya dalam menempuh pendidikan juga bukan sesuatu yang mudah.

Billy mendapat beasiswa untuk SMA favorit di Jayapura. Setelah lulus, ia melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan beasiswa afirmasi dan Dana Otonomi Khusus dari pemerintah. Hasilnya, ia pun meraih gelar Sarjana Teknik Pertambangan dan Perminyakan di kampus tersebut. Ia juga telah menamatkan pendidikan di Australian National University dan mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA), Sustainability Management. Saat ini, Billy tercatat sebagai mahasiswa yang tengah menyelesaikan thesisnya di Universitas Oxford Inggris.

Baca Juga  Mendaki Gunung di Usia 50 Tahun

Baca Juga: Benih Impian yang Tak Padam untuk Pendidikan Indonesia

Sumber Semangat dan Prestasi Billy dalam Membangun Indonesia

Bercerimin pada pengalaman pribadinya, Billy memperoleh dukungan dari pihak keluarga untuk terus bisa bersekolah ditengah banyaknya keterbatasan. Hal ini menjadi motivasi lain bagi Billy untuk bisa belajar sebanyak mungkin hal-hal yang ia tidak ketahui. Billy banyak berfokus pada pembangunan manusia dan pendidikan, ia bercita-cita bisa membangun Indonesia dari Papua, bukan sebaliknya. Terbukti ketika ia dipanggil ke tanah air untuk pengumuman dirinya sebagai salah satu anggota dari staff khusus presiden, Billy baru saja mendarat di Inggris untuk mengisi beberapa kegiatan untuk mahasiswa Indonesia di sana.

Ia juga pernah diundang untuk magang oleh Pemerintah Amerika Serikat dan berbicara di State Department Amerika Serikat. Dalam kunjungan ke Gedung Putih, ia juga bertemu dengan Presiden Barack Obama. Pada 2017, ia ditunjuk sebagai utusan Indonesia yang berbicara tentang isu pendidikan di Kantor Pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat. Saat ini, ia juga menjabat sebagai duta muda pembangunan berkelanjutan atau SDG’s asal Indonesia.

Baca Juga  Abbad bin Bisyr, Sahabat Nabi yang Terus Salat Meski Dipanah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *