Melindungi Diri dari Covid-19 Di Tempat Kerja

 Melindungi Diri dari Covid-19 Di Tempat Kerja

Kitapastibisa.id – Melindungi Diri dari Covid-19 Di Tempat Kerja – Republika

Setelah beberapa bulan masyarakat Indonesia diwajibkan untuk beraktifitas dari rumah saja, kini tiba saatnya untuk mulai berhadapan dengan normal baru. Dalam menjalankan kondisi ini, masyarakat akan beraktivitas seperti biasa saat pandemi belum menyebar luas, termasuk ke kantor untuk bekerja, meski pandemi virus Covid-19 belum berakhir. Pemerintah daerah diberi kewenangan melaksanakan tatanan normal baru dan memastikan protokol kesehatan dijalani dengan ketat. Pemerintah memperbolehkan pekerja berusia 45 tahun ke bawah di 11 sektor untuk kembali beraktivitas. Adapun ke-11 sektor tersebut meliputi kesehatan, bahan pangan atau makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi infomasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri, pelayanan dasar pada obyek vital, serta kebutuhan sehari-hari.

Besarnya populasi dan mobilitas pekerja berkontribusi besar dalam penularan Covid-19. Sehingga perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19. Agar roda perekonomian tetap berjalan, dan tetap menjaga masyarakat Indonesia tetap terlindung dan sehat. Kementerian Kesehatan RI menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Baca Juga  Bangsa Membutuhkan Pendidikan Kontekstual

Baca Juga: Aksamina Woisiri Penggiat Aplikasi Bajalan Untuk Papua

Selalu menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19

Kekhawatiran akan potensi penyebaran Covid-19 bisa diatasi dengan dengan kesadaran dan perilaku kolektif warga untuk menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti kewajiban membersihkan diri di bilik disinfektan dan mengecek suhu tubuh, serta selalu menerapakan untuk menjaga jarak dengan karyawan lain di perusahaan. Semua individu harus punya kesadaran untuk menjaga dirinya masing-masing. Hal ini dilakukan dengan tertib mengenakan masker, mencuci tangan, mengurangi frekuensi ke luar rumah, dan tidak berkerumun. Kesadaran dan ketertiban melaksanakan aturan akan menjadi dasar penting dalam kondisi normal baru. Seluruh anggota keluarga perlu diedukasi tentang normal baru dan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan dilakukan bersama guna mencegah penyebaran virus.

Jika diharuskan untuk mulai bekerja seperti biasa di kantor, kita bisa mengikuti ketentuan dan protokol yang sudah ditetapkan pemerintah untuk melindungi diri kita dari terpapar virus corona Covid-19 seperti melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Lakukan pengukuran suhu sebelum masuk kerja untuk mengurangi risiko Covid-19.
  2. Wajib mengenakan masker sejak perjalanan dari dan ke rumah selama berada di tempat kerja.
  3. Atur waktu kerja tidak terlalu panjang seperti lembur. Sehingga tubuh bisa memiliki waktu untuk beristirahat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Atur waktu berkerja bagi pekerja shift yang telah berusia kurang lebih dari 50 tahun.
  5. Mengatur asupan nutrisi makanan dengan memperbanyak makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh.
Baca Juga  Tips Aman Bekerja Seharian di Ruangan Ber-AC

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *