Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum

 Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum

Kitapastibisa.id – Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum – Tribun

Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum – Sejarah merupakan bagian yang akan selalu melekat pada sebuah peradaban. Kumpulan cerita, barang-barang peninggalan,dan tempat-tempat yang memiliki memoar selalu menarik untuk dikunjungi pada dimensi waktu yang berbeda. Mungkin, banyak hal yang telah berubah, namun peristiwa dan jejak-jejak sejarah tetaplah sebuah saksi yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Khususnya bagi para generasi muda dan generasi baru yang masih terus mengumpulakan cerita dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Museum menjadi sebuah pilihan yang akan menyajikan banyak jawaban juga pertanyaan. Salah satu yang dilakukan oleh sebuah komunitas di Yogyakarta, yang berdiri pada tahun 2012, yakni Komunitas Malam Museum.

Baca Juga: Konsumsi Coklat Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

Bergerak dibidang sejarah, museum dan cagar budaya

Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum
Kitapastibisa.id – Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum – Wikipedia

Komunitas yang bergerak dibidang sejarah, museum dan cagar budaya. Bentuk kegiatan dari komunitas ini melibatkan berbagai kalangan, tidak hanya orang dewasa dan pelajar, tetapi juga anak-anak. Salah satunya yaitu Amazing Race, Kids In Museum, Kelas Heritage, Diskusi Sejarah, Bedah Film Sejarah dan lain sebagainya.

Baca Juga  Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred

Komunitas ini memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali rasa cinta terhadap museum dan meningkatkan kembali minat masyarakat untuk mengunjungi museum dengan cara yang berbeda dan unik. Kegiatan pertama komunitas Malam Museum ini dilaksanakan dengan mengunjungi Museum Benteng Vredeburg pada 17 maret 2012, dan tidak disangka respon yang diberikan oleh  masyarakat cukup besar terhadap program yang dilaksanakan oleh komunitas ini, sehingga mencapai 50 peserta. Komunitas ini pertama kali diinisiasi oleh mas Erwin Junaidi, seorang anak muda yang sangat ingin kembali melestarikan museum sebagai sebuah tempat untuk bisa menggali pengetahuan dan pengalaman secara lebih dalam.

Orang-orang yang terlibat di dalam komunitas ini hadir dengan berbagai cerita, latar belakang, dan alasan. Namun hal tersebut justru menjadi sesuatu yang unik untuk dibagikan. Dalam acara di Komunitas Malam Museum ini, kita tak hanya diajak untuk kembali mengenal sejarah, tetapi juga untuk saling berkenalan dengan berbagai sudut pandang, dan melihat museum serta kisah dan cerita yang ada dibaliknya dari sisi yang berbeda. Kegiatannya juga sesekali diselingi dengan berjalan kaki bersama, juga kadang dengan menggunakan sepeda.

Baca Juga  Kamar Mungil dengan Sentuhan Minimalis

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *