Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

 Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Kitapastibisa.id – Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker – Health Clinic

Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker – Untuk mencegah penularan virus Covid-19, masker merupakan hal yang wajib dipakai saat hendak beraktivitas di luar rumah. Sayangnya, bagi sebagian orang penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dapat menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah. Terlabih lagi dengan penggunaan masker secara terus-menerus sepanjang hari.

Maskne atau jerawat akibat penggunaan masker yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Sama seperti jerawat pada umumnya, maskne dapat mengganggu penampilan dan bisa meninggalkan bekas jerawat yang menjengkelkan.

Menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker sehingga memicu iritasi dan peradangan kulit. Selain iti, saat berbicara dan menghela napas dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap. Yang mana menjadi kondisi tibulnya kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Melansir Verywell Health, penyebab utama iritasi kulit wajah karena masker ini disebabkan minimnya sirkulasi udara ke area wajah. Ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu lembap. Kondisi lembap inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Baca Juga  Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Baca Juga: Jenis Sepatu Yang Umum Digunakan Oleh Wanita

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker
Kitapastibisa.id – Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker – Banten News
  1. Gantilah Masker Secara Rutin

Pastikan untuk tidak menggunakan masker berulang kali atau seharian penuh. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai sebelum dicuci. Ganti masker jika dirasa sudah terlalu lembap atau setelah beraktivitas di luar rumah. Selalu sediakanlah 2-3 masker tambahan jika masker yang sedang dipakai sudah perlu diganti. Sebab masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab jerawat.

  1. Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Bersihkan wajah dengan sabun wajah setelah seharian beraktivitas di luar rumah mengenakan masker. Pilihlah sabun wajah yang sesuai jenis kulit guna mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, gunakan juga pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah kulit wajah teriritasi dan kering serta melindungi lapisan kulit teratas dari kerusakan. Disarankan membersihkan wajah dengan sabun yang lembut dua kali sehari.

  1. Gunakan Pelembap Wajah dan Tabir Surya

Pelembap dapat memberikan manfaat bagi wajah sehingga senantiasa terhidrasi dan tidak kusam. Pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Sehingga dapat menyejukkan dan menenangkan kulit yang mampu mencegah iritasi kulit wajah merah akibat tergesek masker. Hindari juga paparan sinar matahari berlebihan saat berada di luar rumah dengan mengenakan tabir surya. Tabir surya dapat mencegah perubahan pigmen pemicu bekas jerawat setelah kulit wajah meradang.

  1. Kurangi Penggunaan Makeup Tebal

Cukup gunakan makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal. Namun apabila sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup. Sebab penggunaan makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

  1. Hindari Asupan Makanan Tinggi Gula

Hal tak kalah penting, hindari asupan tinggi gula dan mengandung indeks glikemik tinggi. Sejumlah penelitian menyebut asupan tinggi gula dapat memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga  Mengidap Kista, Shireen Sungkar Periksa Kandungannya

Artikel Terkait