Manfaat Vitamin E di Tengah Wabah Corona

 Manfaat Vitamin E di Tengah Wabah Corona

kitapastibisa.id – Manfaat Vitamin E di Tengah Wabah Corona

Vitamin E

Vitamin E memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan risiko terkena infeksi saluran napas, menurut jurnal Nutritional Immunology Laboratory, Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University.

Wabah virus corona kian mencekam. Ia menghantui siapa saja manusia di bumi yang lengah dari serangan mereka. Berbagai media dimanfaatkan oleh virus banal ini untuk menyerang korbannya. Tak hanya batuk da bersin, bahkan menurut siaran lembaga penyiaran Jepang, NHK, bercakap-cakap dengan bertatap muka berpotensi menular dan tertular covid-1. Ini kemudian mempertanyakan kapabilitas karantina dan pembatasan fisik sebagai solusi.

Manusia memiliki kemampuan untuk sembuh dari penyakit melalui kekuatan imun tubuhnya. Meski program pencegahan penularan covid-19 telah diberlakukan, kita perlu menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin E yang kaya akan antioksidan. Vitamin tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga sel tubuh dari kerusakan. Sehingga, tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga  Lidah Buaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menurut jurnal Nutritional Immunology Laboratory, Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University, vitamin E memiliki fungsi yang signifikan di tengah wabah corona sekarang ini. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, ia juga memiliki fungsi lainnya. Apa saja kah itu?

Apa Saja Manfaatnya?

Dikatakan sebelumnya bahwa vitamin E memiliki kandungan antioksidan. Apa fungsi dari antioksidan?

Salah satu fungsi dari antioksidan adalah menangkal radikal bebas. Pada umumnya, manusia memproduksi radikal bebas dalam tubuhnya. Zat tersebut muncul dari ketidakstabilan elektron negatif dalam tubuh. Kondisi ini biasanya dipicu dari stress yang berlebihan atau kelelahan. Ketika kadar radikal bebas berlebihan, maka ini tidak baik bagi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti mengurangi daya tahan tubuh, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kanker.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal zat radikal bebas yang berlebihan. Antioksidan alami bekerja seperti tentara bantuan dalam sebuah peperangan. Mereka membasmi musuh yang datang berlebihan dan mengancam keamanan tentara pertahanan. Antioksidan merupakan bantuan asupan yang berfungsi untuk menstabilkan kadar elektron di dalam tubuh. Mereka terbukti memiliki kemampuan menjaga fungsi sel imun. Oleh sebab itu antioksidan di dalam tubuh sangat penting untuk menjaga ketahanan imun yang dimediasi oleh sel T, khususnya terhadap infeksi virus dan bakteri.

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat

Asupan vitamin E dapat diperoleh dari sejumlah makanan, seperti brokoli, bayam, telur, mangga, alpukat, hingga kacang tanah. Tentu, dalam konteks pencegahan penularan corona, asupan vitamin E saja tak cukup. Menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga, tidur cukup, dan makan-makanan bergizi dapat menjaga diri kita dari serangan corona. Buat lingkungan tempat tinggal Anda menjadi lebih sehat, salah satunya dengan membuka jendela agar sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *