Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

Kitapastibisa.id – Manfaat Vitamin B-12 Bagi Kesehatan Tubuh – alodokter

Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh – Tubuh merupakan salah satu hal paling kompleks dan menarik. Tuhan telah menciptakan sebaik-baik bentuk kita sebagai manusia. Kerumitan itu juga kemudian telah disempurnakan dengan berbagai vitamin dan zat-zat ajaib bagi tubuh agar menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin B12 atau cobalamin dapat disimpan dalam tubuh dengan jangka waktu yang lama. Yang mana hadir secara alami dalam produk hewani. Ini termasuk daging, ikan, susu, atau telur. Vitamin ini juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen yang dijual bebas.

Vitamin ini memiliki peran penting dalam sistem tubuh seperti sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Orang-orang yang berisiko kekurangan vitamin ini diantaranya adalah vegan, orang dengan anemia pernisios, serta orang dengan masalah pencernaan.

Baca Juga: Kebun Roti Berbagi Cemilan Sehat untuk Tubuh

Beberapa manfaat dari vitamin B12.

  1. Merawat Pengelihatan

Vitamin ini juga cukup penting untuk kesehatan mata di usia lanjut sebab dapat menurunkan homocysteine, sejenis asam amino yang ditemukan dalam aliran darah. Peningkatan kadar homosistein telah dikaitkan dengan peningkatan risiko degenerasi makula terkait usia. Penelitian menunjukkan suplemen vitamin B12 bersama asam folat dan vitamin B6, dapat mengurangi risiko kerusakan mata dan meningkatkan kesehatan mata.

  1. Membantu Kinerja Otak

Kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi kinerja memori dan peningkatan pikun. Karena dapat meningkatkan suasana hati. Ini karena vitamin ini memainkan peran penting dalam mensintesis dan memetabolisme serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati. Kekurangannya dikaitikan dengan risiko stres dan depresi yang tinggi.

  1. Memberikan Energi Bagi Tubuh

Suplemen Vitamin B12 kerap digunakan untuk meningkatkan energi. Vitamin B memainkan peran penting dalam produksi energi tubuh. Salah satu tanda paling umum dari kekurangannya adalah kelelahan atau kekurangan energi. Mengonsumsi suplemen ini dapat meningkatkan energi saat tubuh kekurangan vitamin ini.

  1. Menyehatkan Jantung dan Kulit

Sangat penting dalam mendukung produksi sel-sel tubuh. Ini membuat vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Suplementasinya telah terbukti mengurangi gejala dermatologis pada orang dengan defisiensi B12 yang mana sangat penting dalam mebdukung produksi sel-sel tubuh. Ini membuat vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Suplementasi dengan vitamin B12 telah terbukti mengurangi gejala dermatologis pada orang dengan defisiensi B12.

Baca Juga  Penanganan Cedera Saat Berolahraga

Artikel Terkait