Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan

 Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan

Kitapastibisa.id – Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan – Medcom

Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan – Memelihara tanaman hias dalam ruangan rumah ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari memberikan estetika rumah lewat fungsinya yang dapat memperindah dan menyegarkan ruang. Dengan memelihara tanaman hias juga memberi dampak kesehatan. Sebab tanaman hias berguna untun meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, mengurangi stres, serta memperbaiki mood.

Tanaman memang terkenal akan manfaatnya dalam melepaskan oksigen, serta mengambil karbon dioksida, sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita. Sebab dengan banyaknya pasokan oksigen akan meningkatkan fungsi kerja tubuh.

Baca Juga: Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh

Berikut beberapa manfaat dari menanam Tanaman hias dalam Ruangan.

Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan
Kitapastibisa.id – Manfaat Menempatkan Tanaman Hias dalam Ruangan – Dekoruma

1. Memperindah Ruangan

Tanaman hias dalam ruangan dapat meninggalkan kesan ruangan yang tadinya polos nampak lebih segar. Ada beberapa jenis tanaman hias yang sedang banyak digemari seperti Monstera, Philodendron dan Lili Paris. Untuk menambah keindahannya, kamu bisa meletakkan tanaman dalam wadah yang unik agar terlihat menarik. Mulai dari vas, pot gantung, wadah terrarium sebagai dekorasi.

Baca Juga  Anak Jenius Indonesia, Cendikiawan Suryaatmadja

2. Memperbaiki Kualitas Udara

Menanam tanaman hias dalam ruangan baik untuk meningkatkan kualitas udara, lewat kemampuannya dalam menyerap polusi. Tanaman hias dapat menyerap gas yang mencemari udara, sehingga udara dapat menjadi lebih steril dan baik untuk kesehatan. Selain itu, tanaman hias juga dapat meningkatkan kelembaban udara yang dapat mencegah dari masalah pernapasan. Serta mendinginkan ruangan ketika musim panas, dan menghangatkan ruangan ketika musim dingin.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Menurut peneliti dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia. Dengan memelihara tanaman di dalam rumah bisa membuat penghuni rumah merasakan suasana alam di luar rumah. Lewat paparan visual terhadap tanaman hias yang mampu meredakan stres. Sehingga dapat membuat penghuninya cenderung merasa lebih tenang dan nyaman. Selain itu, tumbuhan yang mengeluarkan aroma wangi juga bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan merasa senang.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan

Menempatkan tumbuhan dalam ruangan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Penelitian mengungkapkan bagaimana taman dalam rumah sakit sangat berpengaruh terhadap kesembuhan pasien. Lewat respons psikologis yang lebih positif, serta berada dalam suasana hati yang lebih positif. Yang mana tanaman hias dalam ruangan bisa menstabilkan denyut jantung serta membantu masalah pernapasan.

Baca Juga  Mempersiapkan Diri Selama Musim Pancaroba

5. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tanaman hias yang pertama adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas para penghuni hunian. Lewat kehadiran tanaman hias yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang, serta memberikan perasaan bergairah. Dampak adanya tanaman hias dalam tempat kerja terbukti sangat efektif untuk menaikkan energi dan daya kerja.

Artikel Terkait